Ticker

6/recent/ticker-posts

9 Langkah Perawatan Ayam Aduan ala Vietnam

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA

cara merawat ayam ala vietnam


Cara merawat ayam ala vietnam

Dalam merawat ayam aduan, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjadikan ayam aduan kesayangan kita siap menjadi juara di medan laga. Masing masing botoh/ penghobi memiliki caranya masing – masing, bahkan antar Negara penikmat ayam laga seperti indonesia, Burma, thailan dan Vietnam pun memiliki ciri khas tersendiri. Namun, yang paling menyita perhatian soal perawatan ada pada Negara penghasil ayam botak, ya. Vietnam. Negara yang disebutkan di atas memiliki cara merawat ayam adu yang cukup unik. Seperti apa cara perawatan ayam ala Vietnam,?!

Langsung saja kita simak :

1. Seleksi bibit ayam jawara

penghobi harus jeli melihat bakat anakan ayam adu secara jeli dalam satu tetasan. Warna dan bulu yang bagus, bentuk kepala, tipe mata, paha yang besar, gesi, bertenaga dan cepat. Dalam proses pemeliharaan pun harus dilakukan secara instensif khususnya pemberian makanann seperti pemberian pur yang benar tanpa diberi nasi ataupun bekatul. Jika ayam yang dipilih adalah ayam dewasa, maka haruslah memiliki ciri – ciri petarung yang baik seperti kaki yang bagus, tipe sisik, taji yang meruncing, dan ideal. Plih juga paruh yang cukup panjang dan juga tebal.  Setelahitu barulah lihat abaranya, pakah ayam sesuai kriteria atau tidak sebagai ayam petarung.

2. Kebugaran ayam 

Artinya kondisi ayam yang kita rawat dalam kondisi bugar. faktor yang paling penting sebetulnya adalah ayam yang dalam kondisi prima. Percuma saja bukan, jika ayam bakalan kita memiliki ciri – ciri sebagai ayam juara namun tidak dalam kondisi fit, kinerjanya tentu tidak akan optima. Oleh karna itu, penghobi harus benar – benar memperhatikan hal ini. Hal – hal yang harus diperhatikan adalan pemberian makanan yang baik, masa istrahat, dan pemberian suplemen/vitamin/ramuan.

3. Seleksi akhir ayam 

Hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan ayam aduan jawara  proses abar. Pada proses ini pengobi harus benar benar yakin bahwa ayam tersebut telah memenuhi kriteria ayam juwara. Abar di bumi Vietnam dilakukan biasanya hingga 10 kali dengan jadwal yang teratur.

4. Asupan ekstra ayam 

Dalam masa latihan abar ayam biasanya ditingkatkan asupan makanannya. Selain pakan pokok yang diberikan adalah gabah, pemberian daging, gingseng dan juga Vitamin B untuk meningkatkan nafsu makan sehingga ayam lebih kuat dan berotot.

5. Mandi uap untuk ayam 

Salah satu yang membuat perawatan ayam adu ala Vietnam adalah memandikan ayam dengan memggunakan uap ( istilah manusianya “sauna”). Cara memandikan ayam dengan uap cukup mudah yaitu siapkan ari mendidih, lalu masukan handuk kedalam air tersebut. angkat, lalu libkarkan/bungkus pada tubuh ayam, ada cara lain dalam memandikan ayam dengan uap, yaitu letakan ayam diatas air mendidih, dan tutupi tubuhnya dengan kain berbahan mantel. Lakukan mandi uap sekali seminggu.

6. Laga persahabatan ayam 

Untuk lebih memperbanyak pengalaman bertarung adalah cukup penting untuk mengadakan laga persahabatan untuk ayam aduan kesayangan kita. Idealnya, laga ini diadakan saat ayam berumur sekitar 10 bulan. Ayam pada usia tersebut dikatakan telah siap baik pada fisik maupun mental.

7. Mencabutan bulu ayam 

Bulu yang dicabut akan tumbuh kembali walau demikian kebanyakan cockers mania di vietnam sengaja mencukur bulu leher,paha dan bulu di bawah sayap yang merupakan bagian dari perawatan ayam adu ganoi. Selain itu, karna cuaca di Vietnam terkenal sangat panas sehingga pencabutan bulu ini dilakukan.

8. Pemberian ramuan herbal untuk ayam 

Yang dibuat dari daun the, turmeric, air, dan mugwort. Penggunaan ramuan ini diperuntukan untuk menambah ketebalan kulit sehingga sulit ditusuk taji/jalu atau dengan kata lain lebuih kebal terhadap pukulan.

9. Pertarungan sesungguhnya

Membawa ayam kedalam medan pertarungan sesungguhnya. Pada Negara Vietnam sering diadakan festival musim semi yang uniknya terdapat kegiatan sabung ayam didalamnya dan di ikuti berbagai penghobi ayam aduan baik di dalam maupun luar daerah tersebut. asyik ya, kap Negara kita ada acara seperti ini, hhe… . acara tersebut adalah pesta kegembiraan di daerah – daerah yang menjadi identitas budaya dan telah lama ada di festival Vietnam pada musim semi.

Sumber informasi tentang cara merawat ayam aduan hingga siap tarung ini berasal dari beberapa blog/web tentang pengalaman pemain sabung ayam di Vietnam.

Demikian Artikel tentang perawatan ayam aduan ala Vietnam. Semoga bermanfaat.

thanks for reading  !!

Posting Komentar

0 Komentar