Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Ayam Bangkok Cerdas : Ayam Phanat Atau Panus

  Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Untuk mengetahui ayam panus atau phanat yang original bukanlah suatu perkara yang mudah, dikarenakan sejatinnya ayam jenis ini adalah keturunan dari ayamasli dari Thailand yaitu bangkok. Secara umum ayam phanat atau panus sangatlah mirip dengan ayam bangkok. Jika dilihat sekilas dari mata banyak pemula, hampi dari mereka semua tidak bisa untuk dibedakan. Akan tetapi, untuk para botoh yang cukup pengalaman, mereka sanggup mengira – ngira dengan yakin yang mana ayam panus atau phanat dengan ayam bangkok biasa. Perbedaan yang paling dasar antara bangkok dan phanat adalah dari ukuran ayam panus/phanat ini sedikit lebih besar dari ayam bangkok asli.


ciri ayam phanat



Mengenal Ayam Phanat Original

Ayam phanat adalah ayam thailand asli dari Distrik Phanat Nikhom, Provinsi Chonburi. Yang pada akhirnya secara umum dikenal sebagai "ayam phanat", dan menjadi jenis ayam lainnya. Ayam phanat memiliki ciri fisik yaitu struktur tubuh yang besar, beratnya antara 3,2-3,5 kg atau lebih memiliki  Tubuh yang panjang, dengan kaki besar dan memiliki tulangan yang bagus saat dipegang, memiliki keunggulan dibandingkan dengan ayam bangkok pada umumnya. Selain itu ciri fisik ayam phanat yang lainnya yaitu matanya yang  bulat besar, kulit yang tebal, sebagian besar memiliki pial atau jengger miring. Ayam Phanat/panus biasanya berwarna hijau, ayam abu-abu dan kuning, tengkorak besar, ayam phanat/panus panjang. Untuk lebih jelasnya ciri ayam aduan phanat atau panus sebagai berikut:

 

Ciri - Ciri Ayam Panus Original :

  • Ayam phanat tubuh yang besar, beratnya antara 3,2-3,5 kg atau lebih
  • Memiliki  Badan  yang Panjang
  • Memiliki kaki yang cendrung besar
  • Memiliki tulangan yang bagus saat dipegang
  • Matanya yang  bulat besar
  • Memiliki kulit yang tebal
  • Tengkorak besar, ayam phanat/panus Panjang
  • Sebagian besar memiliki pial atau jengger miring
  • Ayam Phanat/panus biasanya berwarna hijau, ayam abu-abu dan kuning

 

Ayam aduan phanat atau panus ini adalah ayam dari Thailand yang memiliki perbedaan dari ayam bangkok, ayam phanat adalah ayam yang lebih cerdas dari ayam bangkok. Ayam ini mampu membaca permainan, mampu mengendalikan pertarungan dan mampu menduplikasi permainan lawannya. Ayam Panus ini memiliki jiwa petarung yang sangat  tinggi dan agresif seperti ayam huta atau liar ayam ini sulit juga untuk di latih. Ayam ini juga memiliki kekurangan biasanya ayam ini kurang begitu bagus di awal pertarungan, ayam terlihat lambat pukulan kurang terarah tapia yam ini punya pertahanan fisik yang baik. Tetapi terlepas dari kekuranganya itu tidak mengurangi para penghobi ayam laga untuk mendapatkan ayam jenis ini yang terbilang cukup langka dan pastinya merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan ayam ini.

 

Demikialah tentang ayam aduan panus yang original yang dapat saya tuang pada artikel ini. Semoga artikel ini dapan menjadi bacaan yang bermanfaat bagi para penghobi ayam aduan sekalian. Akhir kata saya ucapkan….

 

Thanks For Reading… Salam Guyub !!!

Posting Komentar

0 Komentar