Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Merawat Ayam Bangkok Di musim Kemarau

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 


cara merawat ayam musim kemarau


Tips Merawat Ayam Bangkok Di musim Kemarau

Menjaga kesehatan ayam aduan yang kita pelihara memang sudah seharusnya kita lalukan sebagai pecinta ayam laga.  Ada banyak faktor penyebab yang dapat mengancam kesehatan ayam kesayangan kita, Salah satunya iklim dan cuaca. Kita tahu di indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau dan dalam merawat ayam adu tentu berdeda tiap musimnya. Pada artikel yang ditulis saat menjelang musim kemarau ini, penulis mencoba memberi tips yang mungkin berguna bagi para rekan satu hobi semua tentang merawat ayam bangkok adu pada musim kemarau.

Baca Juga Artikel : 

Cara perawatan ayam bangkok aduan di musim kemarau :

1.  Sebisa mungkin kondisikan kandang agar tetap dalam keadaan teduh agar ayam tidak kepanasan pada siang hari.
2.  Jika ayam dalam keadaan ngos – ngosan saat siang hari itu tandanya kandang tidak cukup teduh dan dalam kondisi ini jangan berikan minum pada saat tersebut. namun jika kandang teduh dan ayam tidak ngos – ngosan saat siang hari tidak masalah jika minum disediakan didalam kandangnya.
3.  Pastikan kandang bebas dari debu apalagi debu yang berasal dari kotoran ayam itu sendiri. Pada siang hari yang kering, Debu tersebut dapat terhirup masuk ke pernafasan terlebih saat ayam yang ngos – ngosan. Debu yang berasal dari fases/kotoran tentu mengandung bibit penyakit dan akan aktif pada pernafasan  terutama jika saluran tersebut terlalu basah.
4.   Oleh karna itu bersihkan kandang dari kotoran – kotoran ayam yang kering tersebu.
5. Lakukan penyemprotan pada kandang dan lakukan penyiraman pada areal sekitar kandang yang menganding banyak debu.
6.   Berikan makanan  sayuran pada siang hari. Kita tahu sayuran memiliki banyak serat dan mineral yang cukup berguna untuk mencegah dehidrasi. Cara pemberianya cukup dengan memotong kecil-kecil sayuran tersebut
7.  Biasanya pada musim kemarau, malam hari akan lebih terasa dingin ayam dapat diberikan lampu jika diperlukan.

Demikianlah artikel tentang tips merawat ayam aduan pada musim kemarau. Semoga dapat bermanfaat bagi para rekan sesama penghobi sekalian. Jika berkenan berikan kritik dan saran untuk menyempurnakan artikel ini.
Terimakasih, Salam Guyub !!!


Posting Komentar

0 Komentar