Ticker

6/recent/ticker-posts

Sejarah Ayam Aduan Modern : Pakhoy Pemukul Birma

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA

Apa yang terlintas ketika anda mendengar kata pakhoy ??.... sebagian besar penghobi ayam laga sudah mengetahui jenis dari ayam pakhoy ini sebagai salah satu ayam yang sedang sangat digemari. Ayam jenis ini digemari karna memiliki kecepatan permainan dan kecepatan pukulan. Ciri yang paling melekat pada ayam pakhoy ini adalah pukulannya dari segala arah dan selalu merapat pada lawannya.

gambar ayam pakhoy ori

Asal Usul Ayam Aduan Pakhoy

Kepopuleran Ayam Pakhoy juga tidak telapas dari ayam birma yang lebih dulu populer, khususnya di indonesia. Seiiring perkembangan ayam birma di Indonesia sebagai ayam juara,  ayam pakhoy mulai didatangkan keindonesia untuk menjadi salah satu solusi yang nyata untuk menggoyang dominasi ayam birma tersebut. Hal tersebut baerbanding lurus dengan sejarah ayam pakhoy.

Sejarah Ayam  Aduan Jenis Pakhoy

Ayam pakhoe / packoi / Pama khoy, merupakan namalain dari ayam pakhoy ini. Nama Pakhoy berasal dari bahasa negeri siam yang artinya pembasmi atau pembunuh setan. Setan yang dimaksud adalah ayam birma yang pada saat itu berada di puncak kejayaan ayam adu, khususnya pada bobot ayam yang kurang lebih 3Kg. Di Thailand,  kelas tanding pada bobot tersebut,  ayam birma hampir nyaris tidak dapat dikalahkan karna gaya bertarung nya yang cepat dan akurasi pukulanya. Sehingga ayam yang aduan thailand yang tidak mampu mengimbangi kecepatan ayam birma hampir selalu tumbang.

Ayam pakhoy konon adalah ayam yang dirumuskan dengan menggunakan 4 darah dari ayam yang berbeda. Dengan proses seleksi dan teknik persilangan yang masih menjadi misteri. Karakter ayam ini yang paling mudah dikenali adalah gaya permainanya yang cepat untuk menyesuaikan dengan kecepatan ayam birma selain itu ayam jenis ini dominan mematuk pada bagian pundak, bahu dan memukul keras pada bagian badan dan sayap. Dengan modal gaya permainan tersebut membuat ayam pakhoy mudah mengalahkan ayam birma dengan mengimbangi kecepatan ayam birma dam memukul tepat pada kelemahan ayam birma yaitu pada bagian badan nya yang tipis atau tidak tahan dengan banyak pukulan. Selebihnya tehnik permainan ayam pakhoy seperti ayam Bangkok ada peluk, nyayap, kilas, nyorok kebawah bongkar dan pukulanan keras ke sembarang badan.

Baca Juga Artikel : 


Ciri ayam pakhoy jika dilihat dari fisiknya, memiliki Postur badan yang panjang, tulangan bagus kasar tetapi lebih mendatar dan menunduk, sedikti berbeda dengan ayam bangkok yang tegap dan gagah. Ayam ini juga  memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil sesuai dengan alasanya diciptakanya untuk melawan ayam kecil, yaitu birma yang tengah menguasai. Soal warna, ayam ini memiliki warna yang dominan mengikuti warna ayam bangkok pada umumnya.

Pada awal mulanya generasi ayam Pakhoy sengaja diciptakan dari beberapa kelemahan yang ada pada ayam Burma / Pama, namun sekarang ini sudah banyak jenis generasi yang berasal dari dasar ayam pakhoy ini seperti MAKHOY (pama-pakhoy), PATHAI (pakhoy-bangkok thai), Pagonthai (pakhoy-saigon- thai) dll.

Demikianlah sekilas tentang sejarah ayam aduan pakhoy. Semoga artikel ini dapat menjadi kashanah bagi para penghobi ayam laga sekalian. Akhir kata saya ucapkan………….
                                                                                                                                Terimakasih, Salam Guyub !!!

Posting Komentar

0 Komentar