Ticker

6/recent/ticker-posts

Waspada Musim Hujan !! Berikut Jamu Untuk Menjaga Kesehatan Ayam Aduan

 

Musim hujan merupakan musim dimana para peternak ayam aduan harus lebih bersikap waspada terhadap kondisi ayam aduan agar ayam aduan kesayangan kita tetap sehat. Selain suhu dingin yang membuat ketahanan tubuh ayam menurun, musim hujan membuat kondisi kandang ayam menjadi lembab dan kondisi lembab ini membuat virus maupun bakteri menjadi mudah untuk berkembang. Hal ini lah yang membuat menjadi benar benar ancaman bagi ayam laga yang kita miliki.

jamu untuk kesehatan ayam

Jamu Untuk Menjaga Kondisi Ayam Aduan Di Musim Hujan

Musim hujan memang seringkali memunculkan berbagai macam penyakit - penyakit yang bisa menular karna pada musim hujan membuat bakteri dan virus cepat berkembang. Hal ini tentu saja mengancam kesehatan ayam aduan yang terjangkit oleh virus dan bakteri yang ada disekitar kandang ayam aduan. Karena musim hujan ini memicu berbagai macam penyakit, maka semestinya kita harus memperhatikan beberapa hal untuk menyambut musim penghujan yang penuh dengan bahaya ini. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan ketika memasuki musim peghujan :

Hal -  hal yang harus diperhatikan saat musim hujan

  1. Senantiasa menjaga kebersihan tubuh ayam dan kandang ayam aduan
  2. Menjaga agar kandang ayam tidak terlalu lembab dengan rajin membersihkan kotoran ayam terlebih jika antara alas kandang dan kohe dekat.
  3. Hindari angin langsung masuk ke dalam kandang, agar ayam tidak kedinginan dan virus yang terbawa angin tidak masuk kedakam kandang.
  4. Pemberian vaksin dan jamu yang tepat untuk ayam.
  5. Pemberian vitamin dan makanan sehat untuk menjaga imunitas ayam

Kesehatan ayam aduan adalah tentang bagaimana kita menjaga kondisi ayam dan juga kandang tempat tinggalnya. Untuk menjaga kondisi kandang ayam agat tetap sehat adalah dengan membersihakn kandang ayam secara rutin, menjaga sanitasi dan sirkulasi udara pada kandang ayam aduan. Kandang ayam yang sehat adalah memungkinkan ayam kita agar terjaga dari berbagai bakteri dan virus yang mungkin berkembang di dalam kandang.

Selain menyehatkan kondisi kandang ayam, untuk menjaga kesehatan ayam aduan juga bisa dengan memberi jamu ataupun vitamin unutk ayam aduan. Banyak referensi dalam membuat jamu untuk menjaga kebugaran ayam aduan bisa dari buku maupun artikel artikel yang ada di internet. Jamu ayam menjaga imunitas ayam agar tahan terhadap serangan penyakit – penyakit yang timbul di musim penghujan. Oleh karna itu, dalam artikel ini ada ramuan jamu yang bisa digunakan untuk menjaga kebugaran ayam aduan.

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan dalam membuat jamu untuk menjaga kesehatan ayam aduan kesayangan kita di musim hujan.

Komposisi Jamu Untuk Kesehatan Ayam Di Musim Hujan

                 Jahe

                 Lengkuas (laos)

                 Kayu manis

                 Madu

                 Kuning telur

                 Kapulaga

                 Kunyit

                 Serai

Cara Membuat Jamu Untuk Kesehatan Ayam Di Musim Hujan

Selain mempersiapakan bahan bahan untuk ramuan jamunya, kita harus memperhatikan cara pengolahan nya agar  ramuan yang kita buat benar berkhasiat untuk ayam yang kita miliki. Untuk itu berikut langkah – langkah dalam membuat jamu untuk kesehatan ayam aduan :

  1. Yang pertama adalah dengan menghaluskan seluruh bahan dengan cara ditumbuk selain kuning telur dan madu
  2. Campurkan semua bahan yang telah dihaluskan kedalam satu wadah
  3. Aduk bahan bahan tersebut hingga tercampur rata
  4. Kemudian campurkan kuning telur beserta dengan madu di ulen hingga kalis atau mudah dibentuk
  5. Bentuk adoan jamu tersebut menjadi bulatan - bulatan jangan terlalu besar
  6. Keringkan ( bisa di oven atau jemur di sinar matahari) hingga bisa mengeras dan mudah untuk disimpan

Cara Pemberian Jamu Untuk Kesehatan Ayam Di Musim Hujan

Setelah jamu ayam siap untuk digunakan, pemberian jamu pun perlu diperhatikan yaitu dengan cara diloloh dengan dosis satu hari sekali di waktu sore hari. Pemberian jamu baiknya dilakukan sevara rutin agar ayam aduan bisa terus terjaga kesehatannya.

 

Demikian Artikel tentang Jamu Ayam Aduan Di Musim Hujan. Semoga artikel ini dapat membantu para penghobi ayam aduan dalam menjaga kesehatan ayam aduan kesayangan kita.

 

Thanks For Reading…. Salam Guyub !!!

 

Posting Komentar

0 Komentar