Ticker

6/recent/ticker-posts

Jangan Kaget !! Ternyata Garam Sangat Bermanfaat Untuk Ayam Aduan

 

Hallo Para penggemar ayam di seluruh Nusantara... Siapa yang disini baru tahu bahwa garam memiliki manfaat untuk ayam... tedengar mengejutkan sebenarnya (termasuk penulis saat mengetahui ini) namum banyak yang belum mengetahui bahwa garam juga dibutuhkan oleh ayam. Garam adalah salah satu bahan dasar memasak untuk menghasilkan cita rasa asin, namun jangan salah ya, manfaat garam disini bukan sebagai penambah rasa pada olahan ayam, hhe.

Sebetulnya penggunaan garam ini sudah berlangsung dari jaman dahulu kala lama.. sekali. Penggunaan garam banyak dilakukan pada hewan ternak seperti sapi dan kambing.  Akan tetapi, dalam pembahasan pada artikel ini dikhususkan membahas manfaat dan khasiat garam untuk ayam. Meskipun sebenarnya baik manfaat garam untuk ayam maupun hewan ternak lainnya tidak banyak berbeda manfaatnya. Baiklah… mari kita bahas.


manfaat garam untuk ayam aduan

Manfaat Garam Untuk Ayam Aduan

Memelihara maupun mengembangbiakan ayam aduan apapaun jenis nya bukan sekedar meletakkan ayam dalam kandang memberi makan dan menunggu panen saja.. tentu saja semua ada ilmu nya. Memelihara makluk hidup itu memiliki banyak sekali ilmu yang perlu kita pelajari agar apa yang kita pelihara tersebut agar hasilnya baik. Dalam hal memberi makan saja kita perlu untuk mengetahui apa saja makannan yang baik utnuk hewan yang kita pelihara, dalam hal ini ayam aduan. Pemberian makanan sangat mempengaruhi keberhasilan kita dalam berternak maupun memelihara ayam aduan. Satu komponen yang kadang orang lupa dalam pemberian asupan makanan untuk ayam aduan adalah garam. Garam adalah benda yang kita perlukan untuk tubuh dan bermanfaat untuk tubuh kita, pun sama dengan ayam aduan. Ayam juga memerlukan garam untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat garam ada baiknya kita ketahui kandungan dari garam.Sebagian besar kandungan garam meja atau garam laut adalah natrium, tapi terdapat jugu terkandung zat lainnya seperti :

Natrium: 6,98 gram (g), Kalsium: 4,32 miligram (mg), Zat besi: 0,059 mg, Magnesium: 0,18 mg, Kalium: 1,44 mg, Seng: 0,018 mg, Tembaga: 0,005 mg, Mangaan: 0,018 mg. Selain itu, jenis garam laut juga mengandung sejumlah kecil selenium dan fluoride... Sementara itu, pada setiap gram garam beryodium, terdapat sekitar 45 mikrogram

 

Manfaat Garam Untuk Ayam Aduan

Garam adalah zat yang memiliki banyak manfaat untuk ayam aduan untuk lebih jelasnya sebagai berikut :  

  • Sebagai obat ayam perdagangan ataupun ngorok
  • Membersihkan racun yang terdapat pada tubuh hewan ternak
  • Mengatasi resiko stress ayam petelur & pedaging
  • Menjaga kondusifitas tekanan dan volume darah
  • Membantu penyerapan nutrisi dari usus ke pencernaan ayam
  • Antibiotik alami untuk ayam
  • Membersihkan organ dalam ayam agar semakin sehat
  • Mempelihara mempertahankan hidup ternak supaya bisa lebih maksimal dalam produktivitas maupun pertumbuhannya.

 

Dosis Garam Untuk Ayam

Garam memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh makhluk hidup termasuk juga ayam aduan. Meskipun begitu, pemberian garam untuk mendapat manfaatnya pun perlu ada takaran atau dosisnya. Oleh karna itu kita perlu untuk mengatur dosis pemberian garam pada ayam aduan.

Sebelum membahas tentang dosis pemberian ayam aduan kita perlu mengetahui informasi tentang kebutuhan garam untuk tubuh ayam aduan. Berdasarkan informasi yang kami ketahui yaitu pemberian garam untuk memenuhi natrium dan klorin makluk hidup. Sementara untuk memenuhin kebutuhan semua jenis unggas akan garam 0,10-0,25%. Namun asumsi dari garam murni ternyata memiliki kadar natrium 39,5% dan klorin 60,5%.

Dengan demikian dosis garam untuk ayam kira kira sebanyak 0,5%. Takaran tersebut menyuplai natrium sebanyak 0,20% dan klorin 0,30%. Dan dapat disimpulkan bahwa pemberian ideal untuk ayam aduan adalah 0,5 % dari jumlah pakan yang kita berikan.

Untuk mengantisipasi pemberian garam yang berlebih adalah memberikan air minum yang cukup untuk ayam aduan. Kelebihan garam dapan membuat ayam dehidrasi dan air minum yang dapat melarutkannya.

 

Cara Pemberian Garam Pada Ayam

Pemberian garam untuk ayama aduan paling baik pada ayam yang berusia 2 bulan ke atas. Dan tidak dianjurkan pemberian garam untuk umur dibawah 2 bulan. Pemberian garam bisa dilakukan dengan mencampur nya dengan pakan basah.. akan tetapi jika kita memberikan pakan kering pada ayam aduan, maka pemberiannya cukup dicampurkan di air minumnya.

 

Nah, demikianlah penjelasan tentang “Manfaat dan cara pemberian garam untuk ayam aduan“. Semoga artikel ini dapat membantu para penghobi ayam aduan agar dapat lebih baik lagi dalam memelihara ayam aduan.

Thanks For Reading... Salam Guyub !!!

 

Posting Komentar

0 Komentar