Ticker

6/recent/ticker-posts

Sangat Mudah !! Begini Cara Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk

       Setiap makhluk hidup di bumi ini tentu saja akan berkembangbiak untuk melestarikan spesiesnya dengan cara melakukan reproduksi untuk menciptakan generasi penerusnya. Ada berbagai macam cara makluk hidup untuk bereproduksi yaitu melahirkan, bertelur dan membelah diri. Makluk hidup yang bereproduksi dengan cara melahirkan kebanyakan adalah hewan berkaki 4 atau mamalia, lalu makluk hidup ayng bereproduksi dengan membelah diri adalah amoeba serta microorganisme lainnya, sedangkan makluk hidup yang bereproduksi dengan bertelur umumnya dalah reptil, ikan dan burung atau unggas.

cara agar ayam jantan mau kawin duduk


cara agar ayam jago mau kawin duduk

Ayam adalah makkluk hidup yang dikategorikan sebagai speisies burung atau unggas. Dalam reproduksinya tentu saja ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Dalam bertelur, ayam betina mampu menghasilkan sekitar 5-15 telur dalam 1 kali periode produksi. Ayam betina mampu bertelur meskipun tidak dibuahi oleh pejantannya, akan tetapi telur tersebut atau telur yang tidak dibuahi tidak akan menjadi anak ayam.

       Pada umumnya, baik jantan maupun betina yang disatukan akan mudah untuk melakukan proses perkawinan secara alami. Telur telur yang dihasilkan pun sebenarnya akan berkualitas baik jika hendak di tetaskan. Namun, sebagai peternak mungkin akan mengalami berbagai problem dalam mengembang biakan sehingga tidak bisa mengembangbiakan ayamnya dengan cara alami atau pula peternak ingin lebih efektif dalam mengawinkan pejantan dengan banyak betina. Ada 2 metode perkawinan ayam aduan dengan melakukan inseminasi buatan ( kawin suntik) dan dengan cara betina dipegang didudukan di depan pejantan untuk kemudian dikawinkan pejantan atau yang disebut kawin duduk.

Untuk kawin duduk adalah metode perkembangbiakan yang paling disukai oleh peternak mungkin. Dengan melakukan reproduksi dengan cara ini perkawinan dapat terkontrol dan juga lebih efektif. Akan tetapi tidak semua ayam Jantan bisa atau mau untuk melakukan kawin duduk… oleh karna itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara melatih ayam Jantan agar bisa melakukan kawin duduk.

 

Banyak sekali pertanyaan yang muncul tentang bagaimana cara membuat ayam pejantan untuk bisa melakukan kawin duduk. Ayam pejantan bisa dilatih untuk melakukan kawin duduk meskipun sebenarnya susah susah gampang. Dan berikut ini langkah – langkah untuk membiasakan ayam kawin duduk…


Cara Agar Ayam Jago Bisa Kawin Duduk

  • Siapkan tiga ekor ayam, dua ayam jantan satu sudah bisa melakukan kawin duduk, satu ayam jantan yang akan di latih, satu ayam betina yang akan dikawinkan.
  • Isolasikan dua ayam Jantan yang agar nafsunya memuncak ketika melihat betina.
  • Siapkan dua kurungan, letakan masing masing pejantan didalam kurungan tersebut
  • Lepaskan ayam betina di sekitar kurungan biarkan agar kedua ayam jantan semakin memuncak birahinya
  • Pegang ayam betina di depan kurungan, lepaskan ayam jantan yang sudah dapat melakukan kawin duduk kemudian biarkan pejantan tersebut mengkawinkan ayam betina tepat dihadapan ayam pejantan yang hendak kita latih.
  • Lakukan cara tersebut diatas berulang, di hadapan ayam jantan yang akan kita latih agar bisa dipahami.

Kemudian, jika sudah terlihat sangat nafsu pegang ayam betina di depan ayam jantan yang kita latih dengan posisi agak ditunggingkan, biasanya jika ayam tersebut sedang dalam nafsu tinggi tersebut langsung naik di atas betina untuk mengawininya... tapi jika belum berhasil coba beberapa hari.

 

       Dengan melakukan pengulangan atau pembiasaan seperti di atas maka ayam jantan akan bisa belajar untuk melakukan kawin duduk, lakukan berulang dan benar agar ayam yang dilatih menjadi terbiasa dan mengerti dengan latihan yang di berikan.

 

 Hal yang perlu diperhatikan Ketika hendak melatih ayam jantan agar mau kawin duduk

       Lakukan latihan ini hanya kepada ayam jantan yang sudah dalam dewasa atau sudah layak di jadikan sebagai pemacek, paling baik latihan ini dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 sampai 8.30 atau pada sore hari pukul 04.00 sampai 05.30 karana pada waktu waktu tersebut libido atau birahi ayam sedang tinggi tingginya. Untuk meningkatkan keberhasilan dalam melatih ayam jago agar mau kawin duduk bisa ditopang dengan melakukan pemberian jamu agar nafsu dan kualitas sperma yang dihasilkan ayam jantan lebih banyak dan berkualitas.

 

       Demikianlah pembahasan terntang cara melatih ayam jago agar mau kawin duduk. Semoga artikel ini dapat membantu para penghobi atau pun peternak ayam yang baru saja memulai untuk berternak.

 

Thanks For Reading… Salam Guyub..!!


Posting Komentar

0 Komentar