Ticker

6/recent/ticker-posts

Perlu Disimak !! Cara Mengobati Paruh Ayam Patah Ujungnya

 

Dalam dunia sabung ayam, cidera pada ayam aduan merupakan hal yang pasti terjadi, baik itu luka ringan, sedang, ataupun berat. Cidera pada ayam aduan biasanya terjadi pada bagian kepala, leher, pundak dan badan. Bagian yang paling mungkin terluka parah adalah pada area kepala, karena kebanyakan ayam aduan bertarung dengan mengarahkan pukulannya ke bagian kepala.. kecuali pada ayam aduan berjenis pakhoy yang memukul pada bagian badan atau mungkin juga seluruh badan.

 


Cara Mengobati Paruh Ayam Bangkok Yang Terkelupas


Kepala ayam aduan merupakan bagian yang sering mendapati pukulan ketika disabung, karena efek pukulan ke arah kepala sangat vital. Kepala ayam dibagi dari sambungan, wajah, mata dan paruh. Khusus untuk paruh ayam, cidera pada bagian paruh sangat mempengaruhi ayam dalam bertarung. Selain menjadikan ayam sulit untuk mematuk lawan cidera, pada paruh ini sangat menyiksa ayam dengan rasa nyeri yang hebat. Cidera pada paruh ayam ini bisa berupa paruh lapisan paling luar yang terkelupas, ata lubih parah lagi paruhnya benar benar patah.


Sebenarnya untuk menghindari cidera parah bisa dengan memilih ayam yang memiliki paruh yang kokoh, tebal, tidak terlalu panjang, dan memiliki garis atau siring. Dan kita bisa juga untuk merawat kekuatan paruh ayam aduan, mulai dari mengoleskan ramuan pada paruh ayam, mengoleskan bawang putih secara rutin,  pemberian kalsium untuk menguatkan paruh ayam. Segala cara lain yang mungkin bisa meminimalisir terjadinya cidera parah pada paruh ayam. Namun, apa bila benar benar cidera pada paruh ayam tidak bisa dihindari, maka pada artikel ini mudah mudahan menjadi solusi untuk mengobati cidera pada paruh ayam laga.

 

Cara Mempercepat Tumbuh Paruh Ayam Yang Patah

       Jika setelah disabung, ayam mengalami cidera paruhnya terkelupas maka langkah pertama yang harus dilakukan yakni mengompres paruh ayam tersebut menggunakan air hangat agar ayam lebih rileks, lebih bersih, dan tidak menyakiti ayam. Kemudian, oleskan bawang putih dan belimbing wuluh secara rutin agar paruh ayam tidak rapuh atau getas. Untuk lebih memaksimalkan penyembuhan paruh ayam yang terkelupas bisa ditambahkan kapur sirih secara rutin supaya paruh ayam cepat mengeras dan normal kembali.

 

Dalam masa penyembuhan paruh ayam aduan ini bisa memakan waktu yang cukup lama, tergantung paruh yang tersisa sudah setengah tua atau masih sangat muda. Lama waktu pemulihan paruh ayam berkisar 1-3 bulan. Cepat atau tudaknya pemulihan paruh ayam juga bergantung jadi cara kita merawat  atau mengobati paruh ayam ini. Kita juga bisa memberikan obat atau kalsium untuk mempercepat pertumbuhan dan juga memperkokoh paruh ayam.

 

Demikianlah artikel tentang cara mengobati paruh ayam yang patah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para penghobi ayam laga di indonesia. Akhir kata...


Thanks For Reading... Salam Guyub !!

Posting Komentar

0 Komentar