Ticker

6/recent/ticker-posts

Sama Sekali Tidak Sulit !! Ini Cara Mudah Mengobati Dugal Air Pada Ayam

 

Dugal Air, Penyakit ayam yang satu ini adalah salah satu yang cukup sering dialami oleh para penghobi ayam. Dugal air dimaksud adalah pembengkakan pada tubuh ayam yang didalamnya menggandung cairan seperti air. Penyakit dugal air biasa terjadi pada dada ayam, selain itu bisa pada kaki, paha, kepala, saya, dan bagian lainnya pada tubuh ayam.  Dugal air sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada pada kondisi ayam namun tetap saja harus dihilangkan agar ayam aduan lebih optimal.

 

ayam bangkok dugal air

Cara Mengobat dugal air pada ayam

Dalam mengendalikan penyakit pada ayam terkadang kita merasa sulit dalam mempraktekannya. Namun untuk mengendalikan penyakit dugal air ini mudah saja, dan ini termasuk penyakit yang tidak ganas. Untuk mengendalikan penyakit ini kita hanya perlu melakikan 1-2 langkah saja untuk membereskannya. Terbayang bukan betapa mudahnya ini.

 

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk menyembuhkan penyakit dugal air, ada baiknya kita mengetahui penyebab terjadinya dugal air agar kita dapat menghindari penyakit ini dilain waktu.

 

Penyebab dugal air pada ayam aduan

     Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya penyakit dugal air pada ayam aduan kesayangan kita diantaranya, sebagai berikut :

1. Ayam Aduan jarang mengumbar ayam aduan di luar kandang sehingga terkandang kondisi  fisik ayam tidak maksimal. Yang lebih banyak kasusnya terjadi di dada ayam karena ketika tidur dada ayam menyentuh alas kandang yang keras dan terjadi gesekan, terlebih lagi jika ayam tidur di tangkringan atau ayam lebih banyak duduk.

2. Kondisi kandang yang kurang sesuai dan kurangnya sanitasi pada lingkungan kandang ayam tersebut.

3. Perawatan ayam pasca latih atau adu yang kurang tepat atau bahkan tidak dirawat samasekali. Pada kasus ini biasanya dugal tidak terjadi pada dada ayam, atau kecil kemungkinannya. Dugal air pada kasus ini terjadi pada bagian tubuh ayam yang terkena pukulan ayam lawan.

 

Cara Mengobati Dugal Air Ayam

     Cara mengatasi ayam aduan yang terserang dugal air adalah hal yang tidak perlu banyak hal yang dipikirkan, sebenarnya mudah saja untuk dilakukan. yang penting harus benar ataupun rutin dalam mengobatinya. Pengobatan dugal air itu masalah yang simple. Terkadang pun, dugal air dapat sembuh dengan sendirinya.

Untuk cara mengobati dugal air pada ayam laga kesayangan kita bisa dengan 2 cara sebagai berikut :

  1. Rutin mengpleskan balsem pada bagian yang terkena dugal air. Oles Balesem yang memiliki sifat panas yang tahan lama, seperti hot cream ataupun geliga. Oleskan balsem secara menyeluruh pada bagian yang terkena dugal air. Lakukan setiap hari hingga dugal benar benar kempes. Oleskan balsem kepermukaan dugal air secara menyeluruh setiap hari sampai dugal air sudah betul-betul kempes.
  2. Tusuk pada bagian tubuh ayam yang terkena dugal sehingga cairannya bisa dikeluarkan dan keluarkan cairan tersebut hingga benar benar bersih.

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi dugal air pada ayam yaitu ayam sering sering diumbar atau dikepar bebass agar kondisi tubah ayam dapat bebas, bergerak, dan ayam tidak terlalu banyak duduk.

 

Demikianlah artikel yang membahas tentang “ Cara mengatasi dugal air pada ayam aduan”. Semoga artikel ini bisa berguna bagi para pembaca yang tengah mengalami penyakit ini pada ayamnya. Akhir kata..

 

Thanks For Reading, Salam Guyub !!!

 

Posting Komentar

0 Komentar