Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Penyakit Pada Tembolok Ayam

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Sesuai dengn judulnya, pada artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana mengatasi makanan pada tembolok tidak yang tidak turun atau istilahnya tidak turun telih. Penyakit ini sering sekali kita temui, namun dalm mengatasinya banyk yang belum mengetahuinya. Penyakit tembolok ini sebenarnya tidak terlalu menakutkan jika kita tau cara menanganinya dan jika tidak ada komplikasi dengan penyakit lainnya( seperti ngorok dan berak kapur). 

mengatasi ayam tidak turun telih


Cara Mengatasi Tembolok Ayam Aduan Yang Tidak Turun

Ada banyak cara mengobati penyakit namun sebelum itu ada baiknya kita mengetahui bagaimana penyakit ini dapat terjadi agar kita dapat mencegah penyakit ini karna mencegah lebih baik dari mengobati.

Baca Juga Artikel : 

Adapun penyebab penyakit tembolok ayam tidak turun, sebagai berikut :

  1. makanan mengandung virus/bibit penyakit
  2. terlalu lelah dalam pelatihan fisik
  3. terlalu lelah dalam bertarung
  4. terkena pukulan yg keras dan fatal pada bagian tembolok
  5. memakan benda asing, seperti plastik, karet, besi dll.
  6. kondisi ayam drop
  7. terlalu banyak pemberian jamu atau obat penunjang stamina
  8. terlalu banyak menampung makanan
  9. komposisi/campuran pakan yg salah
  10. terdapat luka dalam maupun luar pada bagian tembolok
  11. kondisi kandang yg lembab dan kotor
Setelah kita mnegetahui bagaimana penyakit tembolok tidak turun dapat menyerang ayam kesayngan kita….. sekarang kita lanjut pada inti dari artikel ini, yaitu bagaimana cara mengatasi ayam bangkok tidak turun telih/ tembolok dari yng ringan ke yang paling sulit sebagai berikut.

Cara mengatasi penyakit ayam tidak turun telih/ tembolok :

1. Obat tetrachlor
Obat tetrachlor banyak kita temui di toko pakan atau pet shop. Obat pabrikn ini cukup manjur untuk mengatasi penyakit tembolok tidak turun. Caranya dengan membuka 2  kapsul obat tersebut, dan taburkan pada tenggorokan ayam. Ayam janga diberi makan dan kandangkaan pada tempat yang cukup hangat.

2. Vegeta herbal atau obat pencernaan
dengan menggunakan obat pencernaan untuk manusia yng salah satunya adalah vegeta herbal ternyata juga ampuh untuk penyakit tembolok yang tidak mau turun yaitu dengan cara menyeduh obat pencernaan  tersebut kemudian minumkan pada ayam aduan kesayangan yang  terserang penyakit ini tidak turun telih.

3. Kerupuk
Pelengkap makanan yang sngat digemari dan sangat populer ini memang sudah lama dikenal mmpu untuk mengatasi penyakit ayam yang tidak turun makanan di temboloknya. Caranya mudah, hanya dengan melolohkan krupuk yang dicampur dengan air, beri  secukupnya.

4. Lidah buaya
Aloe vera atau lidah buaya tidak hanya bagus untuk mengobati luka pada ayam namun juga sangat berguna untuk mengobati penyakit tembolok yang tidak mau turun ayam adu. Cara ambil sehelai daun lidah buaya kupas kulit luarnya kemudian lolohkan pada ayam aduan kesayang kita yg terkena penyakit tembolok tidak turun.

5. Menguras isi tembolok
Cara yang terakhir ini butuh keahlian dan keberanian. Cara menguras isi tembolok dilakukan secara manual oleh si botoh yang sudah ahli. ada 2 cara yaitu menarik selang pencernaan hingga temboloknya keluar sehingga mudah dibersihkan. Yang kedua adalah dengan memberi minum ayam hingga kembung, kemudin tembolok diremas perlahan sembari kepala ayam dijulurkan kebawah agar ayam tersebut memuntahkan isi yang ada pada temboloknya.
Setelah proses pengleuaran isi tembolok selesai beri makanan yang mudah dicerna seperti pisang dan kates yang diremas, ditambah madu lebih baik.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi penyakit pada tembolok ayam ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat padi para penghobi yang sedang menghadapi penyaikt yang satu ini… akhir kata saya ucapkan terimakasih karna setia membaca artikel blog ini.

Salam Guyub Selalu !!!


Posting Komentar

0 Komentar