Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Merawat Ayam Aduan Birma Ala Jago Nusantara

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA


Menginjak tahun 2011, para penghobi ayam laga mulai heboh dengan salah satu trah ayam aduan yang baru. Trah yang dimaksud adalah trah Birma yang berasal dari vietnam. Ayam birma semakin populer sehingga saat ini sudah menyamai kepopuleran ayam bangkok di indonseia sebagai ayam aduan.

cara merawat ayam birma



Cara Merawat Ayam Birma

Ayam birma adalah ayam yang memiliki ciri khas yang sangat kental dalam bertarung. Ayam jenis inti tidak mau menempel saat bertarung (kuntel) seperti ayam bangkok. Ayam ini cendrung menjaga jarak sembari melemparkan pukulan. Kelebihan lain ayam birma yaitu kecepatan dan akurasinya. Namun disamping kelebihannya ayam birma memiliki tulangan yang tipis dan kurang tahan terhadap pukulan. Oleh karna alasan itu, ayam birma sering disilangkan menjadi berbagai jenis seperti pama, mangon, pamagon, dan lain sebagainya.

Karakteristik ayam birma dalam  bertarung berbeda dengan ayam bangkok atau ayam aduan lainya. Seperti yang dijelaskan di atas, ayam ini memiliki kelebihan soal kecepatan, tehnik menghindar, dan akurasi nya namun rentan terhadap pukulan. Sehingga untuk merawatnya tuntu akan berbeda pula dengan ayam aduan lainya.

Merawat ayam birma dengan tepat adalah tentang bagaimana memanfaatkan kelebihan  ayam birma sebagai ayam adu sehingga kekuranganya menjadi tidak berarti. Tujuan perawatan ayam birma harus meningkatkan kecepatan, akurasi pukulan, kelincahan dan stamina. Sehingga nantinya ayam birma yang kita rawat mampu memenangkan pertandingan dengan tempo yang sesingkat singkatnya. Jika ayam birma tidak mampu menyelesaikan pertempuran dengan cepat dan terus menerima pukulan maka kemungkinan besar kita akan menelan kekalahan.


Baca Juga artikel : 

Cara Merawat Ayam Birma Aduan

  • Pakan, Dalam merawat ayam birma salah satu penunjang agar ayam dapat menjadi petarung handal adalah Pakan Pokok. Pakan adalah sumber energi yang dibutuhkan saat kita meraawat ayam.  Pakan pokok untuk ayam berjenis  birma  adalah gabah dan beras merah.
  • Menjemur Ayam, jika ayam hendak dijemur ayam diberi sedikit dan  tomat. Kemudian mandikan dan jemur sampai bulu – bulu ayam tersebut kering. Ayam birma adalah ayam yang mengandalkan kelincahan, penjemuran menghindarkan ayam dari kegemukan (bantat)
  • Kepar Ayam, biarkan ayam bebas bergerak diluar kandang agar dapat melemaskan otot ototnya. Jika ayam tidak dikepar seharian, lakukan mandi jemur dan biarkan kipu ( Sediakan Tempat Pasir atau Tanah untuk Kipu ).  Kipu adalah cara alami agar otot ayam terbentuk ideal dengan tipe ayam ini.
  • Pemberian pakan pada sore hari sekitar jam 5, berikan secukupnya.
  • Abar, untuk melatih ayam birma sebenarnya cukup dengan abar. Namun untuk melakukannya harus dengan tepat. Sebelum memamsuki proses latihan abar ini ayam harus dibekali kebugaran fisik dengan melakukan putar ( Kiter) dan Latih lompat. Lakukan dua minggu sebelum di abar lakukan maksimal 2 hari sekali dan jangan terlalu lama durasinya. Setelah 2 kali abar, ayam bisa di tren selama 2 x 10 menit (dengan atau dittutup paruh ).
  • Untuk ayam yang sudah memiliki pengalama, ayam cukup dirawat (mandi jemur kepar ) dan abar.
Demikianlah artikel tentang cara merawat ayam birma. Semoga para pembaca semua terpuaskan dengan artikel ini.


Thanks for Reading


Posting Komentar

0 Komentar