Ticker

6/recent/ticker-posts

Jangan Dipilih !! Warna Ules Ayam Ini Yang Kurang Disukai Botoh

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Warna pada ayam merupakan salah satu faktor yang biasa dijadikan pertimbangan sebagian para penghobi, terutama para botoh lawas bumi nusantara. Ada beberapa warna ayam adu yang sangat diminati  seperti wiring kuning, wiring galih. namun, ada warna yang sangat menjadi pantangan para botoh sangat jarang sekali ditemukan di arena pertempuran ayam laga. 


warna bulu ayam kurang disukai


Warna Bulu Ayam Bangkok Yang Kurang Disukai

Sebagai peternak sekaligus penjual ayam memang kita harus membaca selera pasar, artinya kita harus mengikuti selera pembeli (terutama pembeli pemula) jika ingin produk kita dapat terserap, jika kita mengembangkan ayam dengan warna yang kurang diminati, itu berarti kita membatasi potensi pasar.

Sebenarnya, di masa sekarang…. soal warna bulu ayam sangat bergantung pada selera masing – masing penghobi dan dengan siapa mereka tersebut bergaul, banyak penghobi yang tidak mempermasalahkan warna tetapi tidak sedikit pula yang mempunyai pandangan berbeda mengenai warna ayam ini akibat pengalaman pribadi yang dimiliki, percaya kepada cerita yang disampaikan orang lain yang dianggap lebih berpengalaman atau terpengaruh oleh bacaan primbon kuno.

Berdasakan pengalaman dan primbon jawa selama ini, warna ayam yang paling disukai mereka adalah merah hitam, kuning hitam, borok/brumbun  sedangkan warna ayam yang kurang disukai adalah kelabu, putih, wangkas dan merah sapi, warna2 yang kurang dominan atau warna kombinasi warnanya kebanyakan (warna warni). Tapi lain hal nya, untuk anakan ayam karena jika kita lihat dipasar/keramaian maka anakan ayam yang diwarna warni yang laku dibeli oleh anak – anak SD.

Baca Juga Artikel :

Membantah Mitos Ayam Aduan ber-Jengger Sumber

6 Poin Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Pukulan

6 Syarat Dasar Ayam Bangkok Tangguh 

Ciri Mata Ayam Aduan Terbaik

Mitos Kehebatan Ayam Suro Kopyor Nyata Adanya


Apa saja sih bulu yang tidak disukai oleh para penggemar ayam aduan bangkok ini? mari kita bahas ini bersama dibawah gan..

Warna Wido Kemlandhingan

Warna ayam Bangkok ini adalah perpaduan antara warna dasar hitam pekat serta warna putih kehijauan pada rawisnya. Umumnya mempunyai sayap hitam kehijauan dengan bulu hias berwarna coklat, tetapi mata, paruh serta kaki mempunyai warna cukup kuning.

Warna Ayam Brontok

Sekilas warna brontok ini seperti dengan ayam Bangkok blorok madu, tetapi warna serta coraknya semakin besar, serta menebar kebih rata ke semua bulu tubuhnya. Selintas kelihatan brontok-brontok atau bertotol-totol seperti bercak berupa bulatan.

Ayam Ayam Jali

Ayam Jali  memang jarang sekali kita temui di Indonesia. Hal ini karena ayam dengan jenis warna ini tidak disenangi oleh para botoh lawas karna dipercaya memiliki mental yang buruk.

Warna Ayam Kelabu

Sebagian besar ayam warna kelabu ini kebanyakan kurang disukai oleh para botoh lawas. warna kelabu ini mitosnya akan sulit menang jika di tandingkan pada sore hari, tetapi baik jika ditandingkan pada pagi hari. hal tersebut juga diperkuat dengan cerita rakyat ciung winara.ayam wana abu – abu bermacam macam, ada ayam kelabu geni yaitu tipe warna klawu lainnya, klawu geni mempunyai warna dasar abu-abu hampir semua bulunya, tetapi dia dihiasi dengan bulu leher atau rawis serta mata yang merah menyala.

ada juga ayam bangkok berwarna klawu kethek ( ” kethek / kera ” dalam bahasa jawa ) merupakan salah satu jenis ayam bangkok yang tidak memiliki banyak peminat. cirinya adalah  warna bulu  dasar kelabu/abu-abu, rawis, paruh dan kaki serta taji hitam. para botoh lawas meragukan kejelasan tentang dari mana asal ayam bangkok berjenis ini. Namun ayam ini merupakan hasil silangan yang berasal dari tanah jawa.selain itu juga ada kelabu gadhing, dari namanya telah diketahui ayam ini mempunyai bulu berwarna dasar abu-abu. Sedang paruh, bulu leher serta kaki berwarna kuning gading. Klawu gadhing berkesan gagah, tetapi dia tidak disukai sebab warnanya.akan tetapi, berdasarkan pengalaman pribadi.. ada warna ayam kelabu yang cukup memiliki wibawa seperti blorok kelabu. warna ayam ini adalah perpaduan antara warna abu abu dan warna putih.

Sebenarnya, dijaman sekarang ini warna ayam bermacam macam dan tidak lagi menjadi patokan dalam memilih ayam aduan. namun ada hal yang harus diperhatikan juga. warna ayam yang baik yaitu :

  • warna matang, maksudnya warna rawis pekat(sangatmerah/kuning/jalak) warna rawis ayam banyak terlihat pada bulu ayam. tanda lainnya rawis juga terlihat di pinggang bagian bawah yang tertutup sayap.
  • warna konsisten, artinya warna rawis ayam memiliki satu warna, misalkan saja warna rawis merah, tanpa warna rawis kuning, jalak.
  • warna pada sayap, jika bukan ayam dengan ules blorok dan warna dasar ayam berwarna hitam pada sayap ayam tidak ada yang berwarna putih, jikapun ada, harus ada pada kedua sayapnya dengan posisi yang sama pula. menurut para botoh, warna yang tidak seimbang ini berakibat pecong dikemudian hari.

Demikian lah pembahasan artikel tentang warna ayam yang tidak disukai oleh botoh. semoga artikel ini dapat menjadi referensi ataupun sekedar pengetahuan anda tentang ayam laga.

 

Thanks for Reading, Salam Guyub…!!!

 

 



 

Posting Komentar

0 Komentar