Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyebab Nafsu Makan Ayam Menurun dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Dalam memelihara ayam, tentu hal yang paling pokok adalah memberi makan. Pakan adalah hal terpenting yang mempengaruhi pertumbuhan ayam aduan menjadi baik atau buruk, cepat atau lambat,dan berkualitas atau tidak. Banyak pakan untuk ayam aduan yang bisa kita berikan baik yang dibuat oleh pabrik pakan ayam maupun pakan alami lainnya. Ayam adalah hewan omnivora oleh sebab itu pemberian makan pada ayam adalah relative mudah dan semua yang kita makan pun bis akita berikan kepada ayam, namun kita juga harus memperhatikan pakan apa yang paling ideal untuk ayam. Pakan ayam yang paling tepat adalah pemberian biji bijian dan sesekali pakan hewani.

 

cara mengatasi nafsu makan ayam berkurang

Cara Menambah Nafsu Makan Ayam Aduan

Sebagai penghobi ayam laga, dalam melakukan pemberian pakan pada ayam terkadang kita menemui hambatan. Hambatan yang paling biasa kita temui adalah nafsu makan ayam yang menurun. Nafsu makan yang menurun ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ayam, maka masalah ini harus menjadi perhatian kita jika ingin menciptakan ayam ayam yang kualitasnya terjaga. Jika nafsu makan turun pada ayam dibiarkan akan berakibat pada kesehatan ayam itu sendiri seperti ayam menjadi kurus, imun menurun, ayam menjadi lebih lemas dan tidak bertenaga.

Mengatasi ayam yang memiliki nafsu makan yang menurun gampang gampang susah, namun untuk melakukan perbaikan terhadap nafsu makan ayam adabaiknya kita mengetahui penyebab apa yang mendasari nafsu makan ayam kita menjadi menurun.ada beberapa yang menyebabkan nafsu makan menjadi menurun dan cara mengatasinya sebagai berikut :


Penyebab Nafsu Makan Ayam Menurun


Adanya penyakit yang sedang menyerang ayam seperti cacingan,

Ciri ayam yang cacingan adalah tubuh ayam yang sangata kurus, pucat, lemas dan dapat juga dilihat dari kotoran ayam berbusa pada tahap awal, fases berwarna putih atau hijau saja dan fases berwarna hijau dan berair. Cara mengatasi ayam yang nafsu makannya menurun karena cacing adalah membersihkan atau membasmi cacing yang bersemayan di tubuh ayam tersebut. Banyak obat cacing yang ampuh digunakan untuk mengatasi cacingan ini.


Pakan ayam tidak variatif

Pakan ayam yang kurang beragam atau tidak disukai mungkin juga membuat ayam tidak nafsu makan oleh karena itu kita harus mengetahui pakan apa yang paling disukai ayam tersebut sesuai kebutuhan.


Ayam sedang terserang penyakit

Ayam yang terserang penyakit tentu nafsu makanya berkurang, olehsebab itu sembuhkan penyakitnya agar nafsu makannya Kembali normal. Jika ayam benar sulit makan berikan atau lolohkan pakan yang mudah di cerna dan penuh nutrisi.


Tembolok ayam yang sedang terganggu 

Jika ada masalah pada tembolok seperti tidak turun telih ( makanan berhenti ditemboloh) hentikan pakan kemudian obati terlebih dahulu masalah tersebut dengan cara pada postingan Cara mengatasi penyakit tembolok ayam


Pakan ayam aduan kurang berkualitas atau tidak bagus

Meskipun ayam pemakan apa saja yang bisa kita berikan, namun kita perlu meberikan pakanan yang berkualitas ataupun dalam keadaan baik, pakan lebih baik dalam keadaan fresh.


Gangguan pada mulut ayam (goham).

Goham menyebabkan ayam merasa risih ataupun sakit ketikan makan, oleh karena itu mengobati penyakit ini jika membuat nafsu makan ayam menurun.


Birahi ayam meningkat

Birahi yang meningkat khusunya pada ayam muda yang masih dalam masa puber biasanya membuat ayam tersebut menurun nafsu makannya. Untuk mengatasi nafsu birahi ayam ini bisa dengan ikita mengawinkannya dengan ayam babon atau bisa juga dengan melatih tarung dengan porsi yang pas.


Kandang Ayam tidak sesuai atau terlalu sempit

Kandang yang tidak sehat dan terlalu sempit dapat menyebabkan ayam stress dan menurunkan nafsu makan

 

Selain memperhatikan penyebab nafsu makan turun diatas, ada berapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan sebagai berikut :


Cara Menambah Nafsu Makan Ayam Aduan

  1. Memberi Daun Pepaya sebagai penambah nafsu makan sekaligus sebagai pembasmi cacing alami yang sudah dapat teruji secara empiris
  2. Racik jamu penambah nafsu makan yang terbuat dari kencur, temulawak, kunyit, jahe serta madu. Pemberiannya cukup dua kali seminggu untuk tetap menjaga dan menambah nafsu makan ayam aduan.
  3. Pemberian pakan jangan terlalu banyak atau sekaligus untuk menjaga nafsu makannya
  4. Lebih baik memberi pakan yang sedikit tapi penuh nutrisi daripada banyak dengan nutrisi kurang jika nafsu makan sedang berkurang.

 

Demikianlah artikel tentang “ Penyebab Nafsu Makan Ayam Menurun Dan Cara Mengatasinya” . Semoga artikel ini membantu para penghobi yang sedang masalah tersebut. Akhir kata....

Thanks For Reading.... Salam Guyub !!

 

  

Posting Komentar

0 Komentar