Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Manfaat Ajaib Daun Binahong Untuk Ayam Aduan

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 


Akhir – akhir ini kepopuleran tananman binahong sebagai tengah melejit. Tanaman ini mulai dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat. Daun binahong setidaknya mempunyai 21 manfaat menurut keterangan dari para ahli  tanaman obat. Manfaat daun binahong yang paling dikenal adalah obat luar yang sangat ampuh. konon daun ini talah digunakan oleh tentara Vietnam sebagai penembuh luka ketika berperang melawan Amerika. 

manfaat binahong unutk ayam aduan


Manfaat daun binahong untuk ayam bangkok


Pada daun ini terdapat beberapa zat yang sangat berguna seperti antioksidan flavonoid dan asam askrobat (vitamin C) yang sangat berguna untuk proses penyembuhan luka luar, asam oleanolik sebagai toksin, zat alkaloid sebagai penurun kadar gula darah, saponin yang menurunkan kadar kolesterol dan penggabungan zat - zat lainya yang bermanfaat ubtuk mempercepat pemulihan kesehatan segala luka-luka dalam, radang usus, melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah Rheumatik, flu tulang dan sakit persendian.,menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.Selain daunya, akar dan batang serta umbi tanaman ini bisa digunakan sebagai obat herbal yang beguna untuk kesehatan.

Berdasarkan uraian di atas manfaat daun binahong yang memang sangat banyak, namun apa saja manfaatnya jika digunakan untuk ayam kesayangan anda.
Berikut penjelasanya. Yuk disimak  !!

Baca Juga Artikel : 

1. Menjaga kesehatan Ayam

Baik juga digunakan sebagai campuran pada makanan ayam atau di gunakan sebagai campuran pada air minumnya, ayam akan menjadi sehat dan selalu prima, bulu ayam menjadi mengkilat bersinar, hal ini telah terbukti secara empiris oleh para peternak di daerah Berbah. Bisa diberikan satu helai sehari atau rebus satu helai dalam 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Dan berikan sebagai minum nya.

2. Anti virus dan bakteri pada Ayam

dengan penggunaan daun binahong setiap hari menghidarkan dari penyakit pilek atau ngorok. Selain itu juga berguna sebagai obat mengatasi CRD dengan dosis 3-4 helai setiap hari sampai sembuh. namun jika sudah cukup parah bisa diberikan 2 kali sehari sampai sembuh. Dari pengalaman pribadi dan kawan-kawan dalam waktu sehari (24 jam) ngorok sudah sangat berkurang sehingga hanya butuh waktu 2 hari untuk sembuh total.

3. Perlancar peredaran darah ayam

tanaman binahong juga mengandung zat anti pengentalan darah yang mana membuat pekerjaan jantung menjadi lebih ringan. Dengan mengkonsumsi daun binahong secara rutin nafas ayam menjadi lebih  panjang dan mengupayakan jantung memompa darah lebih ringan. Sering kali menemui  ayam yang mudah  ngos-ngosan (nafas pendek) padahal baru beberapa menit  menjalani laga. Atau dengan kata lain, daun binahong juga berguna meningkatkan stamina pada ayam aduan.

4. Pencegah radang sendi ayam

Kandungan zat pada daun binahong ternyata juga mempunyai manfaat untuk mengurangi peradangan pada sendi yang terjadi pada ayam bertarung dalam ronde panjang (ronde 4/5). Benturan fisik juga memungkinkan dapat membuat kecacatan fisik permanen jika tidak segera ditangani. Oleh karna itu berikanlah daun tanaman ini untuk mencegah hal tersebut terjadi.

5. Obat korep ayam

Daun binahong dapat digunakan sebagai obat anti korep yang manjur. Setelah mengakhiri laga, seluruh bagian kepala dibersihkan menggunakan air, kemudian remas-remas daun binahong secukupnya. Remas sampai berair dan nantinya  air tersebut di oleskan pada bagian yang terluka akibat pertarungan. Oleskan 2 kali. Olesan daun binaong selain mencegah dan menyembuhkan korep juga berguna mencegah infeksi dari luka sehabis berlaga.

6. Obat bubul ampuh ayam

untuk yang sangat kesal dengan penyakit bubul pada ayam laga kesanyangan kalian, penggunaan daun binahong ini patut dicoba. Alasan disarankanya daun ini untuk menyembuhkan bubul ada pada kandungan daunya seperti antioksidan flavonoid, asam askrobat, asam oleanolik dan alkaloid yang sudah dijelaskan diatas. cara penggunaanya cukup mudah, dengan meremas daun binahong secukupnya lalu tempelkan pada bubul menggunakan plester. Lakukan dengan rapih dan jangan sampai terlepas, Ganti 2 hari sekali.

Demikian artikel yang dapat kami buat tentang manfaat daun binahong untuk ayam aduan. semoga artikel ini bermanfaat bagi para penghobi ayam laga sekalian.

Nb: saat memberikan daun binahong sebagai obat kepada ayamnya, jangan berikan obat lain secara bersamaan. Karena ekstrak daun binahong ini memiliki dosis yang cukup kuat pada ayam.
Selamat mencoba.. semoga bermanfaat. !!!
Salam Guyub.
 


Posting Komentar

0 Komentar