Ticker

6/recent/ticker-posts

Mitos 4 Jengger Ayam Yang Bermental Baja

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA


Jengger atau Pial adalah mahkota yang ada dikepala ayam. Jengger adalah pertumbuhan berdaging yang biasanya tumbuh di atas kepala burung galliformes, terutama kalkun, burung pegar, dan ayam negeri. Jengger umumnya lebih besar pada jantan daripada betina. Jengger adalah mahkota bagi ayam jantan  untuk menarik lawan jenisnya (terutama saat ayam jantan memainkan makananya). Jengger juga berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh ayam oleh karna ayam tidak bisa berkeringat aliran panas di darah  dipompa menuju jengger untuk didinginkan oleh angin. Selain itu, jengger juga dapat menjadi indikator atau tanda ayam sehat atau tidak. Ayam yang sehat jenggernya merah merona, kurang sehat jika warna jengger nya pucat, dan ayam yang berjengger gelap atau kebiruan pertanda ayam sakit.

jengger ayam aduan terbaik

Jengger Ayam Aduan Juara

Di sisi lain, untuk ayam petarung, jengger juga menjadi bahan perhatian dalam memilih ayam yang akan dijadikan petarung. Menurut banyak senior atau para botoh tua jengger dapat menjadi ciri – ciri ayam yang bermental baja. Ayam yang bermental baja tidak akan lari dengan mudah dan akan terus melawan sampai titik dara penghabisan. Bermental baja adalah hal yang sangat diperlukan untuk ayam petarung. Bayangkan saja jika kita memiliki ayam petarung yang memiliki fisik, permainan dan pukulan yang sangat baik tapi ketika merasakan sakit ayam tersebut lari meninggalkan arena. Itu kan sangat menyebalkan bukan ? bahkan menurut saya lebih menyebalkan jika kita ayam kita kalah karna terus menerima pukulan.  Untuk itu, mitos tentang jengger ayam yang bermental baja ini perlu kita ketahui sebagai bahan pertimbangan dalam memilih ayam aduan anda.

Baca Juga Artikel : 

Ayam Jengger Blangkon

Sesuai namanya tipe jengger ini berbentuk seperti blangkon.Ciri jelas jengger ini yaitu satu garis tarikan jengger, tegap dan unjungnya menempel dengan kepala.


Ayam  Jengger Telon

Jengger telon atau tigan adalah jengger yang memiliki 3 tarikan garis dengan dua lekukan. Jengger ini menjadi tipe favorite para botoh karna cukup banyak ditemui.
Warna yang cocok untuk jengger ini adalah wiring galih, wiring kuning, widu cempaka, blorok dan blorok madu.


Ayam Jengger Mawar

Sesuai dengan nama nya jengger mawar dapat dikatakan jengger yang berbentuk seperti mawar. Umunya jengger tipe ini besar dan ayam dengan jengger ini bermain lambat tetapi memiliki pukulan yang bagus.



Ayam  Jengger Wilah

Jengger tipe ini adalah jengger yang lebar dan  memilik satu tarikan jengger dengan gerigi. Mirip seperti siger ( Lambang Provinsi Lampung). Tipe jengger wilah atau siger ini sangat diminati oleh para botoh karna jengger ini terkesan gagah dan berwibawa sehingga ayam yang dihadapinya akan berkirang mentalnya. Namun, ayam tipe jengger ini biasanya bermain santai.

Memilih ayam berdasarkan jenggernya sahsah saja selagi ayam yang hendak kita miliki itu kita tahu asal usulnya secara jelas. Karna pepatah selalu mengatakan buah tidak jatuh jauh dari pohonnya.

Demikianlah artikel tentang 4 jengger ayam bermental baja, semoga artikel ini dapat berguna bagi para penghobi dalam dunia perayaman. Terimakasih !!

Salam Guyub !!!

Posting Komentar

0 Komentar