Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Tahap melatih pukulan ayam menjadi cepat dan keras

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Kemampuan ayam yang sangat  penting sebagai ayam petarung adalah pukulanya. Kemampuan memukul menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam mengakhiri pertandingan. Bayangkan jika ayam kita dalam keadaan unggul baik dari segi fisik maupun permainan namun tidak memiliki pukulan yang dapat melumpuhkan lawan tentu ini akan menyulitkan jika sampai di babak – babak akhir. Oleh karna itu, memilih ayam yang memiliki pukulan yang bagus mutlak dilakukan untuk mendapatkan ayam aduan yang berkualitas. Banyak penghobi yang telah mengerti bagaimana memilih ayam yang memiliki pukulan yang bagus baik melihat dari segi fisik (paha, sisik kaki, jari kaki) maupun diamati secara langsung dengan men-test adu dengan ayam lain.


Cara melatih ayam pukulan cepat dan keras

Ayam yang memilki pukulan cepat dan keras  menjadi pilihan bagi sebagian besar penghobi maupun para botoh yang berpengalaman. Hal itu karna pukulan cepat dan keras akan menimbulkan efek yang lebih fatal sebab pukulan yang cepat sangat sulit diantisipasi dan bila terkena akan menyakitkan lawanya. Ayam musuh yang terkena pukulan cepat biasanya akan kehilangan konsentrasi dalam bertarung terlebih jika terjadi secara beruntun. Lalu, bagaimana untuk melatih pukulan ayam aduan supaya cepat dan keras???  Pada artikel yang berantakan ini, saya akan membagikan pengalaman saya dalam melatih pukulan ayam aduan yang saya rawat sendiri. Untuk hasilnya, tidak perlu saya katakan cukup anda dibuktikan sendiri…

Baca Juga Artikel : 

Berikut ini adalah tips latihan untuk meningkatkan kecepatan dan kekerasan pukulan ayam adu:

Tahap Persiapan Rawat Ayam

Pada tahap pertama ini, yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kondisi ayam agar dalam kondisi fit. Ayam dalam konsisi tubuh yang prima akan memudahkan kita untuk melakukan proses latihan secara optimal. Bayangkan jika ayam tidak dalam kondisi prima jika kita latih akan mudah lelah dan itu pasti mengganggu proses latihanya tersebut. untuk tahap persiapan ini, yang harus dilakukan adalah melakukan mandi jemur, setelah itu lakukan pengumbaran atau pengeparan minimal 2 jam dan untuk asupanya berikan pakan yang mengandung protein tinggi untuk tahap selanjutnya.

Membentukan Otot Ayam

Setelah tahap persiapan dirasa telah selesai, pada tahap ini akan diupayakan untuk membentuk otot ayam secara maksimal. Dan sebelum melakukan latihan ini, seperti yang dijelaskan di atas asupan kaya protein dan zat pembentuk otot mutlak diperlukan untuk membuat ayam menjadi kekar. Selanjutnya barulah kita melakukan latihan untuk pembentukan otot kakinya. Sebenarnya untuk membentuk otot kaki cukup dilakukan dengan memberi barbel pada kedua kakinya, namun jika tidak ada bisa lakukan push up ayam yaitu dengan menekan tubuhnya kebawah ayam biasanya menghindar dengan berjalan kedepan, ulangi sampai ayam terlihat lelah. Dan cara yang terakhir dengan memasukan ke dalam kurungan yang lebih pendek dari tubuh ayam, sehingga ayam akan jongkok pada kandang tersebut. akan tetapi jika ayam cendrung duduk sandingkan dengan jago lain atau babon. Hal tersebut dimaksudkan agar ayam aktif bergerak di kandang tersebut.  Setelah melakukan proses ini ayam kembali dikepar.

Meningkatkan Kecepatan Pukulan Ayam

Tahap ini akan dimulai jika ayam yang kita rawat sudah memiliki otot yang cukup kekar. Ayam yang memiliki otot yang kekar tentu gerakanya akan lebih lambat dari sebelumnya, oleh karna itu untuk memgembalikanya latihan yang dilakukan tidak lagi terfokus pada beratnya beban melainkan banyaknya gerakaan atau repetisi. Latihan pada tahap ini yang bisa dilakukan yaitu latih renang, jantur ataupun kiter dengan porsi yang pas. Latih renang cukup lakukan maksimal 1 kali dalam satu minggu sedangkan untuk kiter dan jantur dapat dilakukan setiap hari.
Ketiga latihan tersebut belum cukup untuk mempercepat gerakan kaki ayam.  Untuk itu latihan yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan memegang pangkal ekor/bawah kloka di tangan kiri, dan tangan kakan memegang dadanya. Jika sudah pada posisi tersebut, angkat  tangan kiri yang memegang ekor/bawah kloaka hingga ayam tersebut seperti di jantur namun yang membedakan kita bisa mengatur kecepatan gerak ayam tersebut. lakukan latihan ini secara bertahap dan sesekali lakukan secepat mungkin beberapa saat.

Melatih Lompatan Ayam

Untuk mekatih lompatan ayam kita perlu menggunakan kandang khusus yang tidak memiliki atap. Cara kerjanya yaitu dengan memasukan ayam pada kandang tersebut, ayam biasanya akan melompat naik. turunkan kembali ayam tersebut ke bawah kandang lakukan berulang.  Alternative bisa dilakukan dengan melempar ayam ke atas dengan 2 cara,  cara yang pertama dengan memegang ekor dan dada ayam kemudian lemparkan ke atas secara berkali kali setinggi kepala ayam tersebut, saat melempar usahakan lemparan ke arah depan sehingga kepala ayam cendrung lebih dulu ke bawah. Dan cara selanjutnya dengan menekan ayam ke bawah dan menaikanya keatas kemudian melemparnya ke atas dengan kaki berada di atas.
Note :
  • Lakukan umbaran/ kepar sebelum melakukan latihan.
  • Latihan yang baik dilakukan dia atas tanah dengan kontur yang lembek dan tidak berkrikil.
  • Latihan otot tidak perlu dilakukan lagi setelah otot terbentuk.
  • Lakukan latihan lompatan dan mempercepat pukulan secara bertahap dan atur dengan porsi yang pas setiap harinya, utamakan latihan yang mempercepat pukulan ayam.
  • Manfaatkan latihan yang dapat kita atur kecepatanya untuk meningkatkan kecepatan pukulan.
  • Usahakan ayam jangan terlalu lelah setelah dilatih.
  • Lakukan latihan ini minimal 1 bulan.
Demikianlah artikel tentang bagaimana membuat pukulan ayam aduan menjadi cepat dan keras. Selamat mencoba. !!
Salam Satu Hobi…!!

Posting Komentar

0 Komentar