Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Merawat Ayam Laga Sesudah Bertarung

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Pada pembahasan kali ini, penulis akan memaparkan tips tentang bagaimana merawat ayam setelah bertarung atau ayam sehabis berlaga. Untuk merawat ayam dalam kondisi ini dibedakan berdasarkan 2 kriteria luka ayam yaitu luka berat dan luka ringan. Luka berat adalah ayam sehabis bertarung atau berlaga mengalami luka yang parah, terkena jalu, ayam sobek lebar, leher ayam menggelembung, dan bertarung cukup lama atau ayam bertarung hingga 5 ronde. sedangkan luka ringan, ayam hanya mengalami lecet – lecet dan memar pada kulit ayam. dan ayam bertarung tidak lebih dari 2 ronde.

Cara merawat ayam setelah adu yang benar

Cara Merawat Ayam Setelah di Adu

Ayam sehabis diadu atau sesudah diadu dengan luka berat bisa dikatakan memasuki fase kritis dan dapat berakibat fatal jika tidak dirawat dengan baik. Sering kita jumpai ayam mengalami trauma dan mental menurun meskipun memenangkan pertarungan. kedua hal tersebut disebabkan karna luka yang dideritanya, terlebih lagi jika ada ayam jago lain disekitarnya. Jadi, perawatan ayam laga setelah bertanding sangat penting untuk dilakukan jika kita ingin ayam tersebut terus mengukir prestasi di medan laga.

Cara Merawat Ayam Jago Setelah Berlaga

Dalam memberikan perawatan ayam sehabis bertarung kita tidak bisa lakukan dengan asal - asalan karena jika salah dalam merawat ayam sesudah bertarung akan dapat berakibat fatal untuk ayam jagoan kesayangan kita. Sebagai botoh kita wajib mengetahui tentang perawatan ayam sesudah diadu,. Selain itu seorang botoh juga harus handal dalam mengaplikasikan pengetahuanya tentang cara merawat ayam sesudah berlaga. seorang botoh harus bisa bertanggung jawab pada ayam yang telah diadu, terlebih lagi jika ayam tersebut telah membawa kita sebagai pemenang.

Untuk perawatan luka pasca ayam bertanding bagi menjadi 2 bagian yaitu perawatan luka ringan dan luka berat. tapi sebelumnya jangan lupa ayam dimandikan dan dibersihkan tenggorokannya dari lendir.

Perawatan Ayam Luka Ringan

Untuk ayam yang mengalami luka ringan atau luka ayam yang tidak serius biasanya yang terlihat hanya luka lecet dan sedikit memar akibat terkena pukulan lawan dan ayam tidak bertarung lebih dari 2 ronde. ayam yang bertarung lebih dari 2 ronde juga memiliki kemungkinan untuk terluka parah meskipun terlihat tidak parah tetapi bisa jadi ayam tersebut terkena luka dalam. Untuk perawatan ayam yang terluka ringan diberikan perawat dengan membersihkan luka luka tersebut menggunakan air bersih dan kemudian keringkan menggunakan kain.

Setelah luka dibersihkan dan dikeringkan, luka tersebut disapukan obat luka seperti betadine biasa, betadine cina seperti tieh tae yao gin/die da yao jing ataupun jenis obat luka lainnya yang bisa dibeli diapotik atau toko pakan ternak. Setelah itu ayam diberikan makanan secukupnya dan bila perlu vitamin atau obat dalam dan ayam diistirahatkan untuk memulihkan stamina ayam tersebut.


Perawatan Ayam Luka Parah

Ayam yang mengalami luka berat sebaiknya segera diberikan perawatan agar luka tidak terinfeksi oleh bakteri. Luka yang lebar atau agak lebar sebaiknya segera dijahit agar luka tersebut dapat tertutup dengan sempurna karna jika tidak tertutup dengan sempurna, jika terkena pukulan sekalipun luka tersebut akan kembali sobek. Setelah dijahit, luka dibersihkan lalu berikan obat luka seperti betadine agar pendarahan dapat dihentikan dan luka tidak terinfeksi oleh bakteri.

Luka yang sudah dijahit dan dibersihkan sebaiknya dibalut menggunakan plaster ataupun menggunakan kain bersih. Selain itu ayam juga diberikan obat antibiotik seperti amoxicillin atau supertetra dengan cara dilolohkan pada mulut ayam dan diberikan minum,.

Demikianlah artikel kita tentang Tips merawat Ayam Pasca Berlaga. Semoga bermanfaat dalam merawat ayam jagoan kesayangan anda.

Thanks For Reading... Salam Guyub !!!

Posting Komentar

0 Komentar