Ticker

6/recent/ticker-posts

Sepele ?? Kandang jawara tidak pernah mengabaikan hal ini

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA

Salam hangat dari sang pemula untuk para botoh senior maupun kaula pemula  yang ada di seluruh penjuru nusantara. Pada kesempatan kali ini saya akan coba mengulas tentang beberapa hal penting yang mungkin diabaikan oleh sebagian besar penghobi dalam memelihara ayam aduanya.

Hal - hal yang penting tersebut telah dilakukan oleh sebagian kecil penghobi, seperti peternak  top maupun para botoh senior.  Namun untuk sebagian besar diantaranya, khusunya sang pemula maupun kaula pemula banyak yang mengabaikanya atau bahkan mengetahui hal penting ini. Oleh karna itu, sebagai sang pemula saya mencari informasi dari berbagai dan mencoba mengulasnya.  Diharapkan artikel ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas kandang para penghobi semua.


cara mencetak ayam juara



Cara menghasilkan ayam bangkok berkualitas

Penghobi ayam aduan mana yang tak ingin dikenal sebagai pencetak ayam – ayam juara atau hanya sekedar dicap sebagai pemain yang memilik ayam - ayam juara. Tegas saya katakan,  semua penghobi ayam aduan pasti menginginkan hal tersebut dan saya pun salah satu diantaranya. Bagi para penghobi yang ingin menjadikan  kandangnya juara mungkin  untuk mewujudkan hal tersebut sudah  Banyak cara yang  dilakukan, hal – hal yang umum dilakukan para penghobi dari memilih ayam yang berkualitas,melatih fisik, melakukan perawatan, pemberian obat – obatan. Semua hal yang tersebut memang wajib dilakukan, namun  dalam menjalankan hal – hal yang wajib tersebut ada yang mungkin jarang diperhatikan atau justru sering kita abaikan sehingga menggurangi kinerja dari  hasil produk  kandang kita sendiri. Jika anda penasaran, silahkan simak dengan seksama.
Berikut penjelasan yang hal – hal yang sering diabaikan dari hal yang wajib dilakukan penghobi ayam aduan:

1. Cara Memilih ayam yang berkualitas

Untuk menjadikan kandang kita sebagai salah satu kandang juara hal yang wajib dilakukan adalah memilih ayam yang berkualitas. Banyak artikel –artikel didunia internet yang membahas bagaimana memilih ayam yang berkualitas, berdasarkan ciri -  ciri tubuh, katuranggan, teknik tarung, dll. Biasanya untuk mendapatkan ayam yang berkualitas tersebut perlu adanya modal yang terbilang  mahal, terlebih jika kita ingin berternak sendiri sebab untuk medapatkan biang yang berkualitas lebih mahal dari harga jagonya sendiri. Apalagi jika kita menginginkan biang dari peternak yang top, tak jarang peternak tersebut enggan melepaskannya karna mereka berpikir lebih baik dipotong daripada harus di-copy kualitas trahnya. 
Jika membahas antaara katuranggan, dan ciri – ciri ayam berkualitas  dengan trah ayam. Mana yang harus diprioritaskan?? jika anda bertanya kepada seorang yang masih belajar seperti saya, saya jelas memilih trah ayam yang diprioritaskan. saya tidak berpihak kepada peternak ayam aduan, akan tetapi itu semua karna ketidakmampuan saya memprediksi mental ayam dan juga tuah yang bisa saya dapat  jaminannya dari peternak jawara. Maaf, maafkan atas ketidakmampuan saya.. hhe
Memang untuk mendapatkan ayam berkualitas biasanya perlu mengeluarkan modal besar, tetapi hal tersebut tidaklah mutlak. Nyatanya ada saja orang yan beruntung mendapatkan ayam yang berkualitas dengan harga yang terbilang murah. Namun persentasenya kecil, jadi jika anda bukan termasuk orang yang beruntung (seperti saya ), maka gunakanlah cara yang pertama, hhe. Dan jangan buang – buang waktu untuk ayam yang tidak berkualitas karna biaya produksi perawatan ayam kelas dan tidak kelas toh sama saja.
Setelah kita memilih ayam  berkualitas, apa yang sebaiknya dilakukan?? Benar. Mengujinya. Ada baiknya, sebelum kita menuju arena sesungguhnya kita perlu  melakukan pengujian. Pengujian dilakukan setelah kita melakukan terhadap ayam tersebut. Pengujian tersebut biasanya berupa tren 2 air, untuk melihat pola tarung dan pukulanya. Yang lebih saya rekomendasikan terlebih untuk yang menyukai perjudian, ada baiknya saat train tersebut diisi T sebagai syarat saja. alasanya, banyak kasus yang terjadi pada penghobi  yang memiliki ayam yang sangat baik saat train nya, namun saat diisi T permainanya berubah menjadi jelek dan tak jarang mengecewakan dan menimbulkan kangker (kantong kering), hhe. Awalnya saya adalah orang yang tidak percaya mitos seperti ini, namun setelah mengalaminya 2 kali hal ini saya jadikan  pertimbangan.

2. Cara Melatih fisik ayam aduan

Hal yang wajib dilakukan untuk menjadikan kandang kita di cap juara adalah melatih fisik ayam yang hendak kita lagakan, ya tujuanya agar ayam kita selalu menang dikalangan. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melatih fisik ayam aduan kita. Tujuan melatih fisik adalah mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh ayam kesayangan kita. Namun yang perlu diingat bahwa tidak semua ayam cocok dengan latihan fisik tertentu, misalkan saja ayam jenis birma dilatih agar memiliki otot yang besar dan kuat, namun hal itu justru menjadi boomerang bagi ayam tersebut. Kenapa ?? ayam birma yang notabena nya mengandalkan kelicahanya dalam bertarung menjadi terhalang karna otot otonya yang besar. Untuk lebih jelas detailnya tentang “Cara melatih fisik  berdasarkan jenis ayam” akan coba saya susun nanti atau kalau tidak mau menunggu cari di situs lain. 

Baca Juga Artikel : 




3.  Cara Melakukan Perawatan Yang Tepat

Melakukan perawatan ayam berbeda dengan melatih fisik pada ayam, meskipun efeknya sama sama pada fisik ayam  namun Melakukan perawatan yang dimaksud adalah menjaga kondisi ayam agar tetap prima. Apa saja yang biasa dilakukan dalam perawatan, sbb :
  • Pertama adalah pemberian pakan,  sebenarnya pemberian pakan lebih tepat digolongkan sebagai pemeliharaan tetapi pemberian makanan yang bergizi ?? itu adalah perawatan. Memberi pakan yang bergizi  akan menjaga ayam selalu sehat, menopang kebutuhan energy ketika melakukan latihan fisik, meminimalkan ayam dari penyakit dll. Ada  Hal – hal yang biasa diabaikan dalam pemberian pakan bergizi seperti pemberian yang pakan tidak sesuai porsinya,  pemberian pakan tidak sesuai usia ayam, pemberian pakan yang tidak teratur, melihat tingkat nafsu makan ayam, lakukan pengecekan pada bobot ayam.  
  • Kedua adalah pemberian multivitamin dan jamu, kedua suplemen tersebut selain untuk menjaga ayam tetap prima, penggunaanya juga sebagai pencegahan terhadap penyakit yang mungkin dapat menyerang ayam aduan kesayangan kita. 
  • Ketiga, adalah kebersihan kandang, sebenarnya ini termasuk hal yang penting . selain mencegah ayam terhadap penyakit yang banyak disebabkan oleh bakteri yang berkembang didalam kandang. Kebersihan dapat membuat ayam merasa nyaman, tidak mudah stress, terlebih jika ayam tersebut dihinggpi kutu – kutu. Dampaknyacukup signifikan,  mental ayam menjadi stabil. Kebersihan ini kadang sering diabaikan oleh sebagian penghobi ayam aduan. Sebagai motivasi, “Tidak ada Kandang Jawara yang memilki kandang yang kotor “ coba aja cek, jangan di toko sebelah.. pi  di kandang sebelah ya. hhe
  • Keempat adalah Pengecekan terhadap penyakit, melakukan pengecekan terhadap penyakit harus rutin dilakukan. Tujuanya jelas, agar penyakit yang tengah menyerang ayam kita dapat segera teratasi, karna jika sudah terjangkit terlalu lama sudah pasti dalam pengobatanya akan sulit dilakukan, dan memakan waktu lama untuk pemulihanya. Pengecekan terhadap penyakit  juga sering diabaikan oleh beberapa penghobi ayam aduan.


4. Cara Pengobatan pada ayam

Melakukan pengobatan terhadap ayam aduan  secara spesifik banyak dibahas pada artikel – artikel yang ada di internet, jadi saat kita mengalami masalah terhadap ayam kita yang terjangkit penyakit kita dapat menemukan solusinya. Untuk menghadapi penyakit, secara umum sangat disarankan menggunakan resep atau ramuan tradisional untuk menghadapi penyakit. memang terkadang menggunakan ramuan tradisonal itu sedikit menyulitkan , hrus rutin dan biasanya membutuhkan waktu namun resiko kerusakan dari penggunaan obat tradisional terhadap ayam sangat  kecil. Namun jika anda yang mnginginkan pengobatan yang praktis, gunakanlah produk obat – obatan yang diperuntukan untuk ayam namun tetap ikuti aturanya dan hati hati dalam penggunaanya. Dan sangat tidak dianjurkan menggunakanya obat – obatan yang diperuntukan untuk manusia, hal tersebut dapat merusak ayam dalam jangka panjang.

Demikianlah Artikel ini tentang cara mencetak kandang jawara saya buat, saya menyadari bahwa ini bukan artikel yang sempurna. Jujur saya katakan bahwa masih banyak pertanyaan dalam diri saya sendiri yang belum bisa saya jawab pada artikel ini.

Mohon kritik dan sarannya untuk menyempurnakan artikel ini.
Sekian dan terimakasih ;)  Salam guyub…

Posting Komentar

0 Komentar