Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Mental Ayam Bangkok Lincir Yang Drop

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA

Selamat berjumpa lagi para penghobi ayam laga nusantara. Pada artikel kali ini, penulis ingin membagikan tentang bagaimana Cara Mengatasi Mental Ayam Bangkok Lincir kepayungan ataupun bacul.  Dalam artikel ini, penulis akan memaparkan sesuai dengan pengalaman sendiri selama bergelut di dunia perayaman sejak 2017-sekarang. Semoga artikel ini dapat membantu para penghobi sekalian untuk memecahkan masalah mental ayam linciran sesuai pada topik yang akan kita bahas. 

cara mengatasi lincir mental turun


Cara Mengatasi Ayam Muda Jatuh Mental


Sahabat, kita sering dihadapkan dengan banyak soal dalam merawat ayam aduan. Lebih banyak masalah yang dihadapi berkenaan dengan fisik ayam, seperti pertumbuhan otot, kelincahan, berat badan, kebugaran, yang mudah ditemukan masalah dan solusinya. Namun ada yang masalah non fisik dalam merawat ayam yaitu mental dan agresifitas ayam. Mental dan agresifitas sangat berpengaruh dalam sebuah pertarungan ayam aduan. Mental lebih banyak didapat dari keturunan ayam tersebut. Sedangkan agresifitas didapat dari kebugaran dan napsu/mood si ayam. Untuk mengatasi masalah mental ini cukup sulit dan sulit di ketahui hasilnya karna tidak terlihat hasilnya. Berbeda pada saat kita mengatasi masalah fisik pada ayam. Namun pada artikel ini , dikhususkan pada bagaimana mengatasi mental ayam lincir yang bacul atau kepayungan.

Ayam aduan, di usia muda biasanya masih memiliki mental setengah – setengah, atau belum full. Ayam muda kadang berani bertarun, kadang juga tidak, bahkan ada yang tidak berani bertarung sampai cukup usia. Ayam muda yang belum memiliki mental bertarung belum mengetahui identitas diri nya, belum memiliki ego, belum sadar untuk mempertahankan teritorial, dan harga dirinya :D. Mental ayam saat masih muda ini sensitif, jika tidak hati hati saat melakukan latihan adu dapat merusak mental ayam tersebut. Dari masalah mental ayam yang pernah saya alami, yaitu ayam yang belum pulih sepenuhnya di latih tarung lagi, dihadapkan dengan ayam tua yang sangat galak, ayam kampung.

Apabila kalian sudah terlanjur dihadapkan dengan masalah ini, maka mudah mudahan dengan cara mengatasi mental ayam muda yang akan dibahas ini dapat menjadi solusi.

Baca Juga Artikel :

Cara Mengatasi Mental Ayam Turun

Berikut ini penulis akan memberikan poin – poin dan juga pemaparan alakadarnya dalam mengatasi ayam aduan muda yang mengalami masalah mental, diantaranya :
  1. Memisahkan ayamMemisahkan ayam yang sedang jatuh mental akan membangun kembali jati dirinya. Usahakan ayam berada di kandang atau tempat yang jauh dari ayam lain sehingga tidak mendengar suara ayam lain. Biarkan untuk beberapa hari atau minggu hingga ayam berani untuk berkokok terus menerus.
  2. Memberikan pakan untuk meningkatkan  mentalMakanan yang dapat meningkatkan mental ayam bisa diberikan seperti makanan hidup yaitu jangrik, belalang,  cecak dan hewan lain yang tidak berbahaya. Makanan peningkat mental lainya yang bisa digunakan seperti bekicot maupun keong mas juga sudah cukup bagus.
  3. Satukan dengan babonAyam muda yang dengan babon atau dere dapat menumbuhkan sifat dominan ayam tersebut. Biarkan ayam tersebut bersama selama satu minggu untuk lebih menstabilkan mentalnya.
  4. Hadapan dengan ayam yang lebih mudaJika fase di atas sudah dirasa cukup, maka temukanlah ayam yang kita obati tersebut dengan ayam lancur yang lebih muda. Biarkan ia menopeng/memekarkan bulu lehernya. Lakukan dalam beberapa hari.
  5. Lakukan abar ringanKeluarkan ayam dari pengasingan, beri dia lawan yang sama muda dan seimbang. Hindari ayam yang sudah berpengalaman dan lebih ganas dari ayam tersebut. Jika sudah yakin, lakukan tren hingga 2 air untuk memastikan mental ayam tersebut. Istirahatkan dan rawat seperti biasa selama 2 minggu.
Hal yang harus diperhatikan mengatasi dalam menjaga mental ayam :
  1. Ayam harus sehat dan bugar agar memiliki gairah dan  agresifitas
  2. Hindari jago tua yang galak, mengejar dan suara kluruknya keras lan gahar.
  3. Jinakkan, jangan sampai ayam yang kita rawat giras. Buat ia merasa aman dan nyaman terhadap kit, seperti kta memperlakukan wanita. Yah, mandi jemur, beri makan dengan tangan (bukan diloloh) dan sering di pegang – pegang juga cukup.
  4. Jangan memaksakan ayam tetapi jangan pula memanjakan. Contoh, melakukan tren tanggung, 1 air 2 kali dalam waktu kurang dari 2 minggu. Lebih baik melakukan tren 2 air dalam 2 minggu. Luka yang belum sembuh lebih jika dipukul.

Demikianlah artikel yang saya buat dengan sebenar – benarnya saya buat tentang mengatasi ayam muda yang mentalnya drop berdasarkan pengalaman sendiri. Semoga apa yang saya tulis ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi ayam muda yang tengah rusak mentalnya.

Thanks for reading – Salam Guyub !!!


Posting Komentar

0 Komentar