Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Kandungan Daging Belut untuk Ayam Aduan

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 


Belut atau dalam bahasa latin disebut  “monopterus albus” telah diakui banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk pada ayam aduan. Belut sawah merupakan jenis belut yang paling familiar di kalangan masyarakat kita dan termasuk yang banyak dikonsumsi. Pada jenis lain yaitu belut rawa memiliki jumlah yang terbatas dan kurang familiar di kalangan masyarakat. Belut memiliki nilai energi yang cukup tinggi yakni 303 kilo kalori per 100 gram daging. Nilai energinya sendiri jauh lebih tinggi dibandingkan telur dan daging sapi.

khasiat belut unutk ayam

Manfaat belut untuk ayam bangkok 

Untuk lebih jelasnya, Berikut merupakan zat-zat yang terkandung di dalam belut yang sangat bermanfaat untuk ayam aduan.


1. Zat Besi
Belut juga sangat kaya akan zat besi dimana terkandung 20 mg/100 gram. Kandungannya tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan zat besi pada telur dan daging. Zat besi berperan memperlancar perdaran darah ditandai dengan membuat tubuh ayam aduan menjadi merah dan memberikan energi pada otot.


2. Leusin
Leusin yang terkandung  yang bermanfaat untuk melakukan perombakan dan pembentukan protein pada otot.

Baca Juga Artikel : 


3. Arginin

Belut mengandung arigin atau asam amino non esensial yang dapat mempengaruhi hormone pertumbuhan manusia yang sering disebut dengan human growth hormone (HGH). HGH dapat membantu kesehatan pada otot dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. hasil uji labotarium menunjukkan bahwa arginin juga berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kangker.


4. Protein
kandungan protein yang ada pada daging belut lebih tinggi dari telur dan setara dengan kandungan protein daging sapi yakni berkisar 18,4g/100 gram. Begitu juga dengan nilai cerna proteinnya yang juga sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sumber protein bagi ayam aduan kesayangan kita.


5. Fosfor
Daging belut tenyata sangat kaya akan fosfor dan nilainya bisa dua kali lipat dibandingkan kandungan fosfor pada telur. Tanpa adanya fosfor, kalsium tidak akan mampu meningkatkan massa tulang.


6. Kaya Vitamin
Belut juga diperkaya berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan vitamin B. adapun kandungan vitamin A termasuk tinggi yakni 1.600SI per 100 gram sehingga sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel. Sedangkan vitamin B banyak mengandung dan bermanfaat untuk kofaktor dari suatu enzim tersebut dalam berfungsi normal di dalam tubuh metabolisme tubuh.


7. Lemak
Lemak yang terkandung pada beluj termasuk sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan pada anak ayam, namun tidak terlalu baik untuk ayam dewasa. Untuk mengatasi ini bisa disajikan dengan cara dipanggang. Proses pemanggangan dapat menggurangi lemak pada belu (lemak yang terbakar akan mencair) 


Oleh karna manfaat dari kandungan belut yang sangat berguna bagi ayam aduan, ada beberapa tips dalam memberikan daging belut untuk ayam aduan, sebagai berikut :


Pemberian utuh, Daging belut sangat bagus untuk ayam aduan mengingat kadar proteinnya yang tinggi. Biasanya diberikan dalam kondisi utuh, kecuali bagian kepalanya saja yang perlu dibuang.


Pemberian belut yang dilakukan berukuran sebesar 1/2 jari kelingking, dengan panjang sekitar 15 cm, langsung lolohkan pada ayamnya, ini juga berguna untuk melatih leher ayam  yang berumur sekitar 3-5 bulan.


Pola pemberiannya 3 kali dalam seminggu. Kalau ayamnya sudah berumur lebih 7 bulan atau siap untuk dirawat, panjang belut bisa ditingkatkan. Namun, untuk penyajianya yang terbaik adalah dengan cara dipanggang, untuk mengurangi lemak yang ada pada daging belut yang tergolong tinggi. 


Demikianlah artikel tentang 7 manfaat belut bagi ayam bangkok.
Terimakasih.Sayam guyub !!!

Posting Komentar

0 Komentar