Ticker

6/recent/ticker-posts

Wajib Tahu !! Ini Cara Mengetahui Ayam Tipe Jalu

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA


Dalam dunia ayam laga, telah kita ketahui pada dasarnya ayam petarung dibagi menjadi dua, yaitu ayam pukul dan ayam jalu (jalon). Dasarnya dalam membedakan kedua tipe dasar aya petarung ini adalah pukulan yang dihasilkan, jika ayam tersebut jalu tentu  ayam tersebut akan memberikan lawanya bekas tusukan yang dibuat jalunya sedangkan ayam pukul mampu membuat ayam lawan yang terpukul bagian organ vitalnya seperti kepala, leher,bahu, sambungan dapat menjadi tidak berfungsi atau melemah  tanpa ada tusukan jalu.


gambar kaki ayam super jalu


Ciri Fisik Ayam Jalu Super

Baik ayam jalu maupun ayam pukul memiliki spesifik yang berbeda sebagai ayam petarung. Kedua tipe dasar ayam tersebut akan menjadi ayam yang super menurut masing masing tipe dasarnya jika memiliki atribut yang tepat. Maksudnya jika ayam tersebut bertipe pukul jika ingin menjadi ayam super mematikan harus memiliki pukulan keras, badan kekar, dan atribut lainya. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas ayam ayam bertipe jalu yang bisa diandalkan.

Ayam jalon atau adisebut juga ayam taji biasanya cendrung memukul pada bagian kepala dan sekitarnya.  Karna daerah tersebut memang sangat vital dan juga sudah menjadi adat mereka memukul pada bagian kepala(pada trah baru jaman sekarang tidak seperti itu atau sebut saja si “ koy” :D ). Ayam jalu adalah ayam yang selalu berusaha memukul pada daerah vital untuk menjatuhkan lawanya. Ada tipe ayam jalu superior selalu memukul meskipun tidak terlalu akurat (banyak ditemui) ada jugaayam asor yang memukul sesekali namun akurat, pukulan fatal dan sangat berbahaya.

Ciri Ayam Jalu Yang Bagus 

Umunya ayam jalu bisa diprediksi secara fisik maupun nonfisik jika kita memperhatikan beberapa poin – poin, sebagai berikut :

Posisi Jalu Ayam

Posisi jalu yang baik yaitu berdekatan dan sejajar dengan jari kelingking karna umunya ayam ketika memukul menggunakan kaki pada bagian tersebut. Jalu yang bagus tumbuh lurus, berbelok kebawah atau kedepan. Namun jalu yang mengarah ke atas atau ke arah belakang tidak direkomendasikan.

Bentuk Jalu Ayam

Ayam super jalu biasanya  memiliki jalu yang genjah atau subur jalu. Namun dalam memilih jalu ayam perlu dipertimbangkan kekuatan jalunya, jangan terlalu kecil karna biasanya akan lepas dan jangan pilih juga yang berbentuk pipih. Jalu yang direkomendasikan berbentuk bulat, struktur keras, kokoh berukuran sedang dan panjang.

Baca Juga Artikel : 

Bentuk Paha Ayam

Ayam jalu cendrung memiliki pukulan ke arah dalam. Untuk menunjang hal tersebut ayam harus memiliki pangkal paha yang ramping agar dapat memukul menggunting atau tepat mendaratkan jalunya.

Teknik Pukul Ayam

Cara ayam jalu dengan ayam pukul berbeda, ayam jalu baik memukul menggunakan batang kaki sedangkan ayam pukul memggunakan jari ataupun telapak kaki. Dan pukulan yang baik adalah pukulan menggunting tidak bertabrakan antar kaki karna dapat merusak kaikinya atau melukai diri sendiri.

Demikian artikel tentang cara mengetahui ayam yang bertipe jalu yang mudah mudahan dapat memberi wawasan. Sebagai penulis saya menyadari artikel ini terdapat banyak kekurangan, kiranya para penghobi sekalian bisa juga berbagi pengalaman ataupun menambahkan pendapat (pada kolom komentar) untuk menyempurnakan artikel ini. Akir kata saya mengucapkan terimakasih…

Salam Satu Hobi !!

Posting Komentar

0 Komentar