Ticker

6/recent/ticker-posts

Ayam Anda Mabung?? Berikut Cara Agar Jagoan Anda Cepat Tampil Kembali

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

rawat ayam mabung

Cara Mempercepat Proses Mabung 

Berikut ini adalah Poin yang harus diperhatikan dalam mempercepat proses mabung/ngurak/bodol pada ayam aduan kesayangan anda.
Perhatikan !!

Baca Juga Artikel : 

1. Mencabut bulu ayam mabung

Sebelum kita melakukan kegiatan pencabutan bulu. Kita harus menggetahui apakah ayam tersebut akan memasuki kondisi mabung atau belum. Tanda – tanda ayam yang memasuki masa mabung adalah bulu terlihat kusam dan kering, bulu rontok secara teratur, dan beberapa mulai tumbuh bulu baru. Jika ayam Bangkok mulai memasuki masa ini, maka tindakan pertama yang harus lakukan adalah pencabutan bulu yang telah mati, bulu yang patah atau bulu yang pangkal bulunya telah memutih dan jangan mencabut bulu yang masih terlihat muda dan berkilau. Pencabutan bulu tersebut dimaksudkan agar bulu yang baru dapat segera tumbuh kembali.

2. Mengisolir kandang ayam

Untuk mempercepat perontokan bulu, ayam ditempatkan pada kandang yang ditutupi oleh kain atau dalam bahasa lain di krekep. Tujuan menggunakan kandang tertutup ini adalah untuk menjaga kelembaban udara tetap hangat. Hal ini lah yang dimaksudkan untuk mempercepat proses prontokan bulu.

3. Pemberian pakan ayam mabung

Berikan pakan dengan campuran pur dan nasi,  jika diperlukan berikan terasi atau udang rebon untuk mempercepat proses perontokan bulu. Setelah masa perontokan selesai, maka pemberian pakan disesuaikan kembali. Masa mabung merupakan masa istirahat panjang bagi ayam aduan dimana ia akan menjadi lemah dan membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi dan vitamin yang cukup. Oleh karna itu, wajib bagi kita sebagai majikan memberikan makanan yang dibutuhkan sia yam terutama makanan yang tinggi akan  protein, kalsium, lemak esensial dan juga vitamin kompleks. Jika pada masa ini  asupan – asupan tersebut tidak terpenuhi maka kemungkinan ayam akan mengalami penurunan kondisi fisik. Berdasarkan penelitian dari Charoen Phokpand, sehelai bulu ayam mengandung 85% protein, 2,5% lemak, 1,5% serat kasar, 0,75% phosporus, 0,2% kalisium. Dilihat dari komposisi kandungan pada bulu tersebut, maka ayam tidak memerlukan minyak ikan. Justru yang paling dibutuhkan adalah pada masa ganti bulu adalah protein, mineral dan vitamin yang cukup. Saat bulu muda mulai tumbuh, hentikan pemberian pur, berikanlah beras merah yang sudah direndam dan dicampur dengan nasi. Berikan juga injeksi vitamin B12 dan B complex seminggu sekali.

4. Perawatan ayam masa mabung

Pada masa mabung, ayam tidak usah di umbar atau seminggu sekali saja melakukan pengumbaran untuk meregangkan otot sayap dan bagian tubuhnya yang lain. Karena bulu - bulunya masih muda, jadi kita harus hati –hati memegangnya, jangan sampai bulu baru tersebut pecah karna akan membuat bulu kembali mengulang pertumbuhannya. Dan yang perlu di ingat, jangan pernah mendekatkan pejantan  yang sedang mabung dengan betina, karna pada umumnya betina yang baru tumbuh tersebut sangat disukai betina karna bulu mengandung Phosporus yang tinggi dan itu merupakan makanan kesukaan si babon/betina.
Ayam yang tengah mabung juga bisa dimandikan dengan air leri atau air cucian beras agar mempercepat proses tumbunya bulu dan mengencangkan kulit ayam. Bisa lakukan 3-4 hari seminggu.

5. Kandang Ayam 

Untuk masalah kandang, yang harus diperhatikan adalah jangan sekali - kali menempatkan ayam dikandang yang memiliki sudut tajam. Hal ini dapat membuat bulu baru ayam pecah atau dengan kata lain pertumbuhan bulunya akan terhambat dan kita akan lebih lama lagi menunggu. Bosan kan menunggu… hhhe. Kemudian yang tidak juga kalah penting adalah  Kebersihan dan keadaan kandang juga harus diperhatikan. Hal ini agar ayam tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit, terlebih penyakit kulit. Ingat. Bersih itu sehat Guys, Hhee.

OK, Mungkin itu yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara mepercepat proses mabung pada ayam.

Semoga bermanfaat bagi semua pecinta Sabung Ayam. Thanks for reading !!!

Posting Komentar

3 Komentar