Ticker

6/recent/ticker-posts

6 cara mengobati ngorok pada ayam secara alami

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA

Pada kesempatan kali ini, Kita akan membahas tentang bagaimana menangani salah satu penyakit yang sering menghampiri ayam aduan kesayangan kita. Ngorok adalah penyakit yang menyerang pernafasan  pada unggas, termasuk salah satunya adalah ayam.  Ciri ciri ayam yang mengalami gejala ngorok yaitu sulit mengeluarkan banyak lendir pada saluran pernafasan, batuk dan bersin, sulit bernafas kadang hingga menjulurkan lehernya keatas, mengeluarkan bunyi seperti orang ngorok, dan beberapa kasus terjadi pembengkakan pada wajah, mata berair, dan bahkan terjadi pendarahan yang keluar bersamaan dengan lendir.

obat ampuh ayam ngorok

Penyebab ayam ngorok dan cara mengatasinya


Ada banyak  faktor yang menyebabkan penyakit ini, baik dari infeksi bakteri maupun non infeksi. Banyak kasus yang ditemui pada penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang antara lain seperti CRD, Colibasillos, Coriza, ILT, ND, IB, dan AI. Sedangkan untuk penyebab non infeksinya seperti  kadar amoniak tinggi, udara yang berdebu, perubahan cuaca yang ekstrim, pakan dengan kadar protein tinggi, kelembaban udara, kurang bersih memberihkan tenggorokan khusunya pada ayam adu, dll. 

Ada banyak  pengobatan  yang bisa ditempuh untuk mengatasi penyakit ngorok ini. Namun pada artikel ini akan dibahas bagaimana mengobati penyakit ngorok  secara alami dengan bahan – bahan mudah ditemui di lingkungan sekitar kita.

Berikut tips mengatasi penyakit ngorok secara alami :

Kecap manis dan jeruk nipis Untuk Ayam

Kedua bahan ini mudah ditemui karna selalu tersedia di dapur kita. Sebenarnya resep ini digunakan untuk mengobati batuk dan gangguan  tenggorokan pada manusia. Namun tidak dipungkiri, bahwa resep ini juga manjur pada ayam. Caranya pun mudah, cukup peras jeruk nipis campur dengan kecap manis, kemudian lolohkan pada ayam. Pemberian dilakukan pada pagi hari, ulangi 2-4 hari atau sampai sembuh.

Mengkudu Untuk Ayam

Mengkudu adalah salah satu buah yang mengandung antiseptik dan anti bakteri  yang cukup tinggi. Penggunaanya cukup mudah, pilih buah mengkudu yang sudah masak, potong sebesar ibu jari, berikan 3-4 potong untuk ayam dewasa. Pemberian dilakukan sekali sehari pada pagi atau sore sebelum, diberi makan.

Daun Perah atau Anting – Anting Untuk Ayam

Daun perah kita tau sering digunakan oleh para penghobi burung kicau untuk menjernihkan suara pada burung dengan mengotrol lendir yang ada pada pernafasannya. Tanaman ini juga digunakan oleh para penghobi burung merpati untuk menjernihkan mata dan  mengatasi penyakit pada mata burung. Berdasarkan kedua manfaat tersebut, maka dilakukan uji coba pada ayam mengalami penyakit ngorok dan hasilnya memuaskan. Tanaman ini dapat dikatakan manjur untuk mengatasi penyakit ngorok pada ayam.  Cara pemberianya adalah dengan mencuci bersih daun perah kemudian rumat dan peras hingga menghasilkan air bewarna hijau. Lolohkan daun yang telah dirumat tersebut, dan airnya teteskan pada hidung dan mata ayam. Setelah ayam diteteskan air daun perah, ayam akan menggeng – gelengkan kepala untuk mengeluarkan lendir - lendirnya. Ulangi langkah tersebut  hingga lendir yang dikeluarkan sedikit. Lakukan pagi dan sore. 

Daun Sirih Untuk Ayam

Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang paling popular di indonesia. Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah mengatasi masalah ngorok pada ayam. Langkah pengobatanya cukup mudah, merebus 3-7 helai daun sirih (warna merah lebih bagus) dengan 1 gelas air bersih. Kemudian air rebusan tersebut disaring dan campurkan air perasannya dengan jeruk nipis. Berikan pada ayam 2 kali sehari, setiap pagi dan sore. Ulangi langkah tesebut hingga benar-benar sembuh.

Baca Juga Artikel :

Bawang Putih Untuk Ayam

Bawang putih memiliki zat anti bakteri dan antiinflamasi  atau anti radang. Kedua zat tersebutlah yang membuat bawang putih mampu mengatasi penyakit ngorok pada ayam. Ada 2 cara dalam pemberian nya, yang pertama cukup  geprek bawang putih ukuran sedang, kemudaian lolohkan pagi dan sore. Cara kedua parut bawang putih tambahkan sedikit air hangat, kemudian peras dan saring hingga didapati sariny. Sarinya tersebutlah yang kemudian diberikan pada ayam yang ngorok. Lakukan pagi dan sore hari.  

Daun Binahong Untuk Ayam

Dewasa ini daun binahong dikatakan sebagai tanaman segala jenis penyakit dengan berbagai langkah penggunaanya. Daun ini juga berguna untuk menyembuhkan penyakit ngorok pada ayam.  caranya cukup rumat  sehelai daun  binahong kemudian lolohkan, namun  jika sudah cukup parah bisa 3-4 helai.  Berikan 2 kali sehari pagi dan sore.


Salam guyub 

NB : untuk penyakit ngorok yang di sebabkan bronkitis, atau ngorok menahun sangat sulit disembuhkan atau dapat dikatakan tidak dapat diobati.

Posting Komentar

5 Komentar