Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengobatan Mata Ayam Yang Terkena Jalu

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Obat Mata Kena JaluDalam Pertempuran ayam laga di arena tentu ayam akan saling melukai, terlebih jika ayam tersebut bisa menggunakan senjatanya yaitu Jalu/taji.  Dalam perang jalu ayam ayam yang kita miliki pasti kan terluka dan melukai meski dengan akhir kemenangn sekalipun. 

mengatasi mata ayam terkena jalu


Pengobatan Mata Ayam Yang Terkena Jalu

Ayam yang terkena jalu perlu penanganan serius agar dapa cepat sembuh, terlebih jika ayam terkena jalu pada matanya ( terserempet ). Mata ayam dapat disembuhkan selagi retinanya tidak pecah. 

Daun kelor yang kita tau kaya akan vitamin A, C kalsium dan zat besi ini ternyata memilki manfaat untuk kesehatan mata. Pada manusia daun kelor jugu dapat digunakan untuk mengobati sakit mata, dan rabun senja. Ayam yang terkena jalu pada matanya dapat diobati dengan daun berkhasiat ini dengan cara meneteskan getah daun kelor yang tentunya pada bagian mata sebanyak 2-33 tetes. Lakukan secara rutin agar ayam dapat sebuh dengan baik.

2. Getah Umbi jalar untuk ayam

Selain getah daun kelor, ternyata ada getah lain yang dapat menyembuhkan mata ayam yang terluka karna jalu. Cara pemberianya sama seperti pemberian getah daun kelor.

3. Rendaman Daun Sirih untuk ayam

Daun sirih memang sangat populer dalam dunia pengobatan terutama kandungan anti kumannya(antiseptic). Daun sirih jternyata juga mampu mengobati luka pada mata ayam yang terkena jalu. Untuk menggunakan daun sirih ini, caranya cukup rdirendam dengan air panas, tunggu hingga menjadi hanggat dan teteskan pada mata ayam yang terluka.

4.      Tembakau untuk ayam

tembakau memang dikenal oleh botoh awalnya untuk mengobati penyakit cacingan  dan sebagai terapi untuk menghadapi pertarungan. Namun air rendaman tembakau bisa digunakan untuk mengobati sakit mata pada ayam. Caranya cukup tembakau direndam dengan air panas selama 5 menit  lalu teteskan pada mata ayam yang sakit.

5.      Air Kunyit dan Jeruk Nipis untuk ayam

Pertama kunir di parut lalu teteskan air pada kunir ke mata ayam 2-3 tetes
Jeruk nipis cukup di peras lalu teteskan ke mata ayam 2-3 tetes.
selain hal di atas anda juga bisa mengkombinasikanya dengan obat-obatan pabrik
  • Cindo Xytrol, bersihkan menggunakan air rendaman daun suruh n tetesi obat mata cindo xytrol  obatnya bisa anda dapatkan di apotik
  • Sindo Sitrol, obat tetesnya di berikan sehari 1× satu tetes smpai 4 hari,dan berikan obat binotal 1000 mg,sehari 1× smpai 4hri.


                                                                                                 Thanks For Reading !!!


NB : Lebih baik Mata ayam ditutup dengan plester selama pengobatan

Posting Komentar

0 Komentar