Ticker

6/recent/ticker-posts

Langkah - Langkah Mempersiapkan Ayam Aduan Muda dalam Sebulan

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Tujuan dilakukannya  perawatan ayam sebelum dilagakan  untuk mempersiapkan ayam dengan meningkatkan stamina, sehat fisik, mental agar ayam dapat bertanding di arena dengan maksimal. Dalam metode perawatan ini,memerlukan waktu satu bulan penuh dimana dalam satu bulan tersebut dibagi 4 minggu pelatihan, oleh karena itu penulis akan memberikan panduan perawatan mempersiapkan ayam dengan fase per-minggu dalam satu bulan. Berikut adalah bagaimana mempersiapkan ayam bangkok sebelum ditarungkan :

cara melatih ayam muda

Cara  Mempersiapkan Ayam Aduan Muda Sebelum  Di Adu

Minggu Pertama

Ayam bangkok yang baru (turun boks/kandang), muda dan belum pernah ditarungkan sebaiknya melakukan persiapan sejak minggu pertama. Persiapan untuk ayam adu di minggu pertama adalah :

  • Hari Ke – 1 Pemberian pakan berupa jagung dan gabah(beras merah) untuk membentuk bobot ayam laga supaya bertenaga dan memiliki berat ideal. Ayam harus rutin dimandikan dan dijemur pada jam 8 – 10  selama 30menit.
  • Hari ke 3 minggu pertama berikan jamu ayam yang memiliki khasiat yang sudah teruji.
  • Hari ke 4 ayam laga diistirahatkan dan tidak dikeluarkan dari kandang selama satu hari penuh
  • Hari ke 5 ayam di abar angin (gebrak) dengan durasi tidak lebih dari 10 menit, sebaiknya sesuaikan durasi abar sesuai dengan kesanggupan ayam.
  • Hari ke 6 dan ke 7 ayam diistirahatkan total namun tetap mandi dan jemur ayam petarung anda.

Minggu Kedua

  • Hari ke 1 sampai ke 3 lakukan latihan fisik ringan yang sesuai untuk pembentukan otot ayam dengan gaya bertarungnya setelah itu  memandikan dan menjemur ayam bangkok tersebut.
  • Hari ke 4 Berikan jamu yang mampu meningkatkan kekuatan dan stamina ayam kemudian ayam diumbar di halaman agar lebih dapat meregangkan ototnya. Jauhkan ayam jago tersebut dari betina, agar tidak kawin.
  • Hari ke 5 dan 6 ayam diistirahatkan secara penuh
  • Hari ke  7 ayam di abar selama 10 menit dan tidak lebih dari itu.

Baca Juga Artikel :





Minggu Ketiga

Pada minggu ke 3 lakukan perawatan ayam aduan seperti perawatan yang dilakukan pada minggu ke 2. Pada saat latih abar durasi nya sedikit ditambah yaitu berkisar 20-25 menit dibagi dalam 2 ngair/istirahat. Pada latih abar inilah tahap penilaian ayam, baik dari segi fisik, permainan, kekuatan, mental dan stamina. Apabila ayam memiliki bakat dan  kemampuan yang bagus maka ayam bisa dijadikan ayam petarung, dan perawatan dapat diteruskan ke minggu 4, apabila perawatan yang dirasa belum cukup mengeluarkankemampuan ayam dengan maksimal dari  hasil rawatan ayam adu yang kita lakukan maka butuh 1 minggu waktu tambahan persiapan.

Minggu Keempat

  • Hari ke 1 berikan jamu atau pun obat untuk memulihkan kondisi ayam pasca latih abar pada minggu sebelumnya.
  • Hari ke 2 Ayam diberikan waktu istirahat ngopi ngrokok supaya lebih santai. Biarkan ayam jago anda beristirahat sehari penuh.
  • hari ke 3 ayam dimandikan kemudian dijemur hingga cukup kering, kemudian umbar agar dapat meregangkan ototnya.
  • Hari ke 4 berikan obat doping yang menurut anda memiliki kualitas yang baik atau sudah anda buktikan sendiri kualitasnya.
  • Hari ke 5 ayam diumbar setengah jam barkan ia melakukan peregangan kemudian diistirahatkan kembali di kandang
  • Hari ke 6 ayam diistirahatkan selama satu hari penuh.
  • Hari ke 7 ayam denga percaya diri kita bawa ke gelanggang kelas pinggiran untuk mengguji kualitas ayam dan juga rawatan yang kita lakukan dan tuah/hoki ayam tersebut.

            Tips perawatan ayam muda yang sudah dijelaskan ini merupakan langkah – langkah yang dilakukan oleh penulis dalam merawat ayam aduan. Setiap botoh memilik pakem nya sendiri dalam melakukan perawatan pada ayam adu muda yang hendak di uji kualitas, dan tuah menangnya. Setiap para Botoh pasti memiliki cara sendiri dalam mempersiapkan ayam aduannya, yang penting adalah bagaimana kesiapan yang kita lakukan pada  ayam yang harus benar-benar maksimal sebelum ayam ditarungkan.

            Demikianlah Artikel tentang bagaimana langkah – langkah merawat ayam muda aduan yang saya tulis. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda untuk merawat ayam aduan muda. Akhir kata… Terimakasih

 

Terimakasih sudah membaca.... Salam Guyub. !!!

Posting Komentar

0 Komentar