Ticker

6/recent/ticker-posts

Ciri - Ciri Umum Pembunuh Birma : Ayam Pakhoy Pemukul Setan

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA

Ayam Pakhoy berasal dari bahasa negeri siam yang artinya pemusnah atau pembunuh setan.  Setan yang dimaksud adalah ayam birma yang pada saat itu berada di puncak kejayaan ayam aduan, khususnya pada bobot ayam yang kurang lebih 3Kg.  

ayam oakhoy blackbull

Ciri - Ciri Ayam Pakhoy Ori

Di Thailand,  kelas tanding pada bobot tersebut,  ayam birma hampir nyaris tidak dapat dikalahkan karna gaya bertarung nya yang cepat dan akurasi pukulanya. Ayam yang aduan thailand yang tidak mampu mengimbangi kecepatan ayam birma hampir selalu tumbang. Ayam pakhoy adalah ayam yang beraasal dari 4 darah dari  jenis ayam yang berbeda. Dengan proses seleksi dan teknik breeding yang masih menjadi misteri. Karakter ayam ini yang paling mudah dikenali adalah gaya permainanya yang cepat untuk menyesuaikan dengan kecepatan ayam birma selain itu ayam jenis ini dominan mematuk pada bagian pundak, bahu dan memukul keras pada bagian badan dan sayap. Dengan modal gaya permainan tersebut membuat ayam pakhoy mudah mengalahkan ayam birma dengan mengimbangi kecepatan ayam birma dan memukul tepat pada kelemahan ayam birma yaitu pada bagian badan nya yang tipis atau tidak tahan dengan banyak pukulan.

Ciri Fisik Ayam Pakhoy

  • Ukuran, ayam pakhoy memiliki ukuran yang sama atau sedikit lebih besar dengan ayam birma, karna memang ayam ini diciptakan untuk menandingi ayam birma di arena pertarungan.
  • Warna, ayam pakhoy memiliki warna yang dominan tidak berbeda dengan ayam bangkok pada umumnya
  • Postur, ayam ini memiliki postur yang agak membungkuk, tidak begitu tegap dan gagah seperti ayam bangkok.
  • Tulangan, ayam pakhoy memiliki tulangan yang cukup baik tidak tipis tetapi tidak juga terlalu tebal seperti ayam bangkok.

Gaya bertarung ayam pakhoy

Ciri khasnya Ayam Pakhoy yang paling kental adalah pukulanya yang ke arah badan, namun tidak semua ayam pukul badan.
  • Ayam pakhoy cepat dalam memukul, tidak memiliki solah lekas mematuk dan memukul
  • Ayam pakhoy selalu merapat, terus merapat dan lekas memukul lawanya
  • Ayam pakhoy memukul dari segala arah, memukul dimana saja tetapi lebih banyak pada bagian badan dan sayap.
Ayam Pakhoy, menurut para botoh yang berpengalaman memiliki mental yang lebih lemah jika dibandingkan dengan ayam aduan bangkok. Mungkin akan dirasa perlu adanya penyilangan jika hendak ditarungkan dengan ayam selain jenis birma. Di indonesia sendiri ayam pakhoy sedikit erbeda dengan ayam pakhoy aslinya. Ayam pakhoy yang ada di indonesia memiliki tulangan yang leih padat namun menjadi leih lambat.

Demikianlah artikel tentang ciri – ciri ayam aduan pakhoy. Semoga artikel yang telah anda baca ini dapat menambah referensi anda dalam emilih ayam aduan yang berkualitas.

Terimakasih… Sayam Satu Hobi !!!

Posting Komentar

0 Komentar