Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menghilangkan Bau Kotoran Ayam Dengan Mudah

Selamat datang kembali di Blog JAGO NUSANTARA 

Dalam memelihara ayam, ada satu masalah yang timbul yang biasanya sebab kita memelihara makhluk hidup, kotoran. Kotoran atau fases ayam biasanya menjadi masalah tersendiri bagi kita dalam memelihara ayam bangkok aduan karena kita hidup tidak sendiri, entah keluarga atau pun tetangga yang ada di sekitar rumah kita atau kandang. Sebab kotoran ayam menjadi masalah kita adalah karna baunya yang menyengat dan tidak enak. inilah yang biasanya menimbulkan protes dari keluarga maupun tetangga.

cara menghilangkan bau kotoran ayam

Cara Menghilangkan Bau Kotoran Ayam

Ada beberapa masalah yang menyulitkan dalam menangani bau kotoran ayam ini, yaitu ayam terlalu banyak, tempat terlalu sempit, terlebih berlantaikan semen jadi kita harus benar – benar rajin untuk membuang kotoran yang dihasilkan ayam – ayam tersebut.
Jadi para penghobi ayam diharuskan untuk menangani bau kotoran ayam ini. selain menggangu lingkungan tempat tinggal kita, kotoran ayam yang menumpuk ini juga dapat menggundang banyak penyakit yang merugikan. kebersihan kandang menjadi hal yang harus sangat diperhatikan.
Ok, langsungsaja kita bahas bagaimana cara mengatasi bau kotoran ayam.

Mengatasi Bau Kotoran Ayam Aduan

Kandang ayam adalah tempat untuk meletakkan ayam yang kita pelihara untuknya beristiraha, memberi makan, dan buang kotoran. Kandang memerlukan perawatan lebih dari sekedar hanya meembersihkannya. Kandang yang kotor tentu akan membuat hewan yang ada di dalamnya menjadi tidak sehat. Maka dari itu sangatlah penting untuk kita merawat kandang ayam tersebut, bukan hanya bersih, tapi juga bebas dari penyakit dan bau.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kandang agar terhindar dari bau atau meminimalkan baunya, yaitu :

Letak  Kandang Ayam Yang Baik

Langkah pertama dalam merawat kandang ayam ialah dengan membersihkan kandang secara berkala. selain itu perlu diperhatikan letak dan tata letak kandang tersebut. letak kandang yang paling baik berada di luar, terpapar sinar matahari langsung agar kotoran mengering, usahakan pula kandang menghadap sinar matahari pagi (agar ayam sehar pula), sirkulasi udara yang baik, kandang cukup tinggi dan material atap baik agar ayam tidak kepanasan di siang hari.

Pembersihan Kandang Ayam  Teratur

Lagi – lagi diulang,  pembersihan kandang dengan teratur yang telah jadi pekerjaan harus dilakukan para penghobi ayam. Bersihkan kandang ayam sevara berkala agar kotoran ayam tidak menumpuk.  Untuk kotoran ayam sendiri bisa ditangani dengan dibakar atau dikubur.

Baca Juga Artikel :

Semprot Penghilang Bau Kandang Ayam

ada banyak cairan penghilang bau yang di jual di pasaran atau toko poulutry yang bisa digunakan. namun ada bahan lain nya yang baik juga untuk kita gunakan seperti

Kunyit untuk menghilangkan bau kandang ayam

Bukan sekedar menjadi  suplemen alami, ternayta kunyit dapat digunkanan dalam menangani berbau kotoran ayam. Bila umumnya kunyit seringkali dipakai untuk menangani cedera pada ayam, tetapi pembahasan kali ini, kunyit juga bermanfat buntuk kurangi bau pada kotoran ayam.
Untuk prosedurnya, bisa dengan mencampurkan kunyit yang telah dihaluskan ke pakan dengan ukuran sebesar 2%. Seperti 1/4 potong kunyit untuk 1 kg pakan.

Probiotik untuk Bau Kotoran Ayam

Pemanfaatkan zat probiotik yang bisa dilakukan dengan dua langkah. yang pertama dengan mencampurkan langsung ke pakan ayam atau menyemprotkan zat probiotik dengan cara langsung pada kotoran dan kandang ayam tersebut.

Nah itulah tips bagaimana cara menghilangkan bau kotoran ayam yang bisa anda baca. Semoga bermanfaat !!
Thanks For Reading, Salam Guyub !!!

Posting Komentar

0 Komentar